Presiden Jokowi ke Jambi, Tinjau Pasar Rakyat Talang Banjar hingga Lihat Jalan Rusak di Sungai Gelam


Selasa, 16 Mei 2023 - 17:01:38 WIB - Dibaca: 568 kali

Wawancara Presiden RI di SMKN4 Kota Jambi. / HALOSUMATERA.COM

JAMBI – Presiden RI Ir Joko Widodo hari ini datang ke Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi. Orang nomor satu di Indonesia itu mengawali kunjungannya di Pasar Rakyat Talang Banjar.

Setibanya di Bandara Sultan Taha Jambi, Jokowi mendatangi Pasar Rakyat Talang Banjar bersama Gubernur Al Haris dan rombongan untuk meninjau dan memastikan harga sembako yang ada di Jambi pasca Idul Fitri.

Presiden disambut meriah oleh pedagang di Pasar Rakyat Talang Banjar. Presiden Jokowi langsung berkeliling pasar untuk menyapa sejumlah pedagang sambil memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang dan masyarakat di Pasar Rakyat Talang Banjar.

Presiden RI dua periode ini menyempatkan bercengkrama seraya menanyakan sejumlah harga bahan pokok kepada para pedagang, memastikan bahwa harga semakin membaik pasca Idul Fitri.

“Inikan habis lebaran, jadi saya ingin memastikan bahwa harga – harga semakin membaik bahkan sejumlah harga turun hanya telur saja yang harganya sedikit naik. Dan itu sangat penting karena inflasi itu sangat mempengaruhi daya beli rakyat sehingga harus dipantau terus, saya juga sudah perintahkan Gubernur dan Walikota  untuk memantau terus harga – harga  yang ada di pasar,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi atas turunnya inflasi Provinsi Jambi, sehingga dirinya mengharapkan bahwa sejumlah harga sembako dapat dikendalikan untuk turun harga.

“Saya senang di Jambi Inflasinya turun, artinya harga – harga bisa di kendalikan untuk turun,” ucap Presiden Jokowi.

Kepada Awak Media, Presiden Jokowi mengapresiasi atas tindakan pemerintah dalam menekan angka inflasi. Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan bantuan melalui APBD baik dalam provinsi, kota dan kabupaten untuk membiayai transport dari tempat produksi ke pasar.

“Sudah bolak – balik saya sampaikan, akan dibantu melalui APBD baik provinsi, kota dan kabupaten untuk membiayai biaya transport dari tempat produksi ke pasar. Dan itu jelas serta komplit, kalau dari sisi Bank Indonesia (BI) itu mengurangi peredaran uang biasanya seperti itu dan dilakukan di semua negara. Hanya disini terus dipantau di pasarnya agar betul – betul Inflasi turun dan harga juga ikut turun,” jelas Presiden Jokowi.

Dari hasil pemantauannya Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa harga sembako di Jambi sudah cukup baik, dan sementara harga cukup stabil dan beberapa juga sudah mengalami penurunan. Hanya pada harga telur saja yang menurut Jokowi sedikit mengalami penurunan.

Sebelum melanjutkan perjalanannya, tidak lupa Presiden Jokowi juga membagikan sejumlah kaos gratis untuk masyarakat yang ada di Pasar Rakyat Talang Banjar. Selain itu Presiden Jokowi juga  memberikan sejumlah bantuan untuk menambah modal usaha para pedagang.

Kunjungi SMK 4 Kota Jambi

Dari Pasar Talang Banjar, Presiden RI Joko Widodo meninjau SMK 4 Kota Jambi. Dalam kunjungannya Presiden didampingi oleh Gubernur Jambi, Dr. Al Haris, S.Sos, MH, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto.  Tiba di SMK 4 Presiden terlihat langsung mengunjungi para siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.

Presiden terlihat berdialog dengan siswa bahkan menyempatkan diri foto bersama siswa dan juga para guru. Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo juga memesan baju kemeja karya siswa SMKN 4 Kota Jambi.

Kehadiran Jokowi ini disambut meriah oleh siswa. Para siswa ini berteriak memanggil siswa dari atas gedung. Sesekali Jokowi juga melambaikan tangan menyambut panggilan puluhan siswa.

Ditemui usai kegiatannya Presiden Jokowi mengapresiasi sistem pembelajaran dan juga peralatan yang dimiliki oleh SMKN 4 Kota Jambi. “ Pagi ini memang saya mendadak tanpa pemberitahuan datang ke SMK 4 Kota Jambi ini. SMK 4 yang menurut saya sangat baik, baik praktek anak-anaknya, untuk membuat kue, praktek make up wajah, praktek membuat fashion, menjahit baju, praktek sablon. Semua sarananya komplit dan sarana prakteknya sangat bagus,” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, bahwa hal ini merupakan bentuk dukungannya agar sejumlah SMK lainnya termotivasi. “ Saya tadi terakhir pesan baju disini, saya tunggu mungkin sebulan lagi jadi. Saya sudah pesan dua baju kemeja putih, kita lihat nanti selesai kapan," sambungnya.

Tinjau Jalan Rusak

Di akhir kegiatannya, sebelum kembali ke Jakarta, Presiden Jokowi menyempatkan melihat kondisi jalan di Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Padahal sebelumnya Presiden dan rombongan berencana mengunjungi Kabupaten Tanjabtim, namun gagal.

Usai melihat Jalan Rusak di Sei Gelam, kepada awak Media, Presiden Jokowi menuturkan, berdasarkan data yang dia peroleh, setidaknya ada 10.000 Kilometer jalan kabupaten, separuhnya, yakni 4.600 kilomoter mengalami kerusakan.

Sedangkan jalan provinsi, dari 1,030 Km, yang rusak sekitar 250 kilometer (25 persen). Khusus Jalan Nasional sepanjang 1.300 Km, yang rusak sekitar 130 Km.

“ Itu yang kita cek. Tadi Jalan Produksi untuk nenas ke sana, benar itu rusak. Nanti akan kita mulai bulan Juli/Agustus. Yang ini, jalan provinsi (jalan rusak) ini juga akan diambil alih oleh pusat dan segera dikerjakan. Karena kalau nggak, yang namanya jalan logistik sangat penting sekali, yang namanya jalan produksi itu sangat penting sekali, hingga itu didahulukan. Apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan,” ucap Presiden.

Dikatakan Presiden, tidak hanya di Provinsi Jambi. Di Provinsi lain pun juga banyak yang memerlukan penanganan, karena menyangkut jalan logistik dan jalan produksi.

“Kondisi jalan yang ditinjau ini masuk rusak parah, masa perlu saya sampaikan lagi. Dan itu berdasarkan data-data yang dimiliki kementerian PU, data-data yang saya miliki berdasarkan dari masyarakat, dan tadi juga dikonfirmasi ke Pak Gub, Pak Bupati dan semuanya. Dan yang paling penting, langkah perbaikannya harus secepatnya dilakukan,” timpal Presiden.

Ditanya terkait Jalan Batu Bara, Presiden menegaskan, seharusnya ada jalan khusus. “ Tetapikan disini belum ada. Tapi Pak Gub sudah menyampaikan, sudah akan segera dimulai, sehingga nanti antara jalan umum dan jalan batu bara itu sendiri-sendiri. Secepat-secepatnya bisa diselesaikan, baik pola investasi atau pola lainnya,” tambah Presiden.

Mengenai Jalan Tol Jambi, Jokowi mengatakan akan segera diselesaikan. “ Insya Allah 2024 selesai. Saya tidak mendengar ada hambatan, artinya sesuai jadwal, tahun depan,” tutup Presiden.(*/nik)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Pengakuan Warga Kuala Tungkal, Pakai Motor Listrik Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

KUALATUNGKAL - Dalam mendukung Electric Vehicle (EV) yang sedang berkembang pesat di Indonesia, PLN mempromosikan kendaraan listrik berupa mobil listrik, motor

Advertorial

Listrik dan Pipa Bocor Jadi Kendala Perumda Air Minum Tirta Pengabuan

TANJABBAR - Distribusi air ledeng dari Perumda Air Minum Tirta Pengabuan masih belum terealisasi sepenuhnya. Disamping terkendala tegangan listrik, masih banyak

Berita Daerah

Tongkang Batubara Tabrak Fender Tiang Jembatan, Gubernur Al Haris Minta Pengusaha Ganti Rugi

JAMBI  - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH meminta kepada pengusaha untuk bertanggung jawab atas insiden tongkang angkutan batubara yang menabrak

Advertorial

Gubernur Al Haris Terima Penghargaan dari Densus 88 Anti Teror Polri

JAMBI - Gubernur Jambi DR. H. Al Haris, S.Sos, MH mendapat penghargaan dari Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 Anti Teror Polri. Penghargaan dari satuan khusus

Advertorial

Wagub Sani : Turnamen Ekshibisi Dies Natalis Unja Jalin Kebersamaan

JAMBI - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengemukakan, Turnamen dan Ekshibisi Domino untuk memeriahkan Dies Natalis ke-61 Universitas

Advertorial


Advertisement