Faisal Siregar Jadi Pemateri Sosialisasi Pemuktahiran Data IDM di Kecamatan Huristak


Senin, 12 Juni 2023 - 07:48:17 WIB - Dibaca: 883 kali

Sosialisasi Pemuktahiran Data IDM di Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas.(*/dok) / HALOSUMATERA.COM

PADANG LAWAS - Tepatnya di Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas, digelar acara sosialisasi pelatihan pemuktahiran data IDM (indeks desa membangun), Jumat 2 Juni 2023 pekan lalu.

Acara tersebut dibuka dan diawali dengan arahan Faisal siregar dari Dinas PMD Kabupaten Padang Lawas, sekaligus nara sumber di acara sosialisasi pelatihan pemutahiran data IDM (indeks desa membangun).

Turut hadir dalam acara ini, tenaga ahli dari Kabupaten Padang Lawas Gontar Halomoan Harahap, Sapala Raja Siregar dan Darwis Hasibuan. 

Kegiatan ini difasilitasi pendamping desa se Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Peserta terdiri dari kepala desa se Kecamatan Huristak.

Dalam arahannya, Faisal Siregar membahas tentang karakteristik tingkat desa yang tujuannya untuk menentukan suatu status desa, apakah suatu desa tersebut tergolong desa tertinggal, desa berkembang dan desa maju.

Faisal Siregar juga mengatakan yang paling berperan di program tersebut adalah perangkat desa. Kinerja perangkat desa sangat berpengaruh penting dalam pengisian IDM yang baik, akurat sesuai data yang dicari di semua wilayah desa masing masing.

"Kinerja perangkat desa itu juga dapat menentukan majunya suatu desa dalam melaksanakan program-program desa nya," tutur Faisal.

Selanjutnya beliau juga menambahkan tentang pemutahiran data IDM (indeks desa membangun) dan tentang demografi desa, apakah dataran, pegunungan atau lautan.

" Data tersebut harus di isi sesuai keadaan sebenarnya, letak dan model desa tersebut di aplikasi IDM tersebut," jelas Faisal.

Selanjutnya, dalam pengisian aplikasi IDM, harus meliputi nama desa, nama kepala desa, nama perangkat desanya. 

" Sehingga dengan diadakan sosialisasi tersebut, dapat membantu perangkat desa dalam mengisi atau mengoperasikan aplikasi IDM (indeks desa membangun) secara mandiri oleh desa masing masing," jelasnya. 

Dia berharap kepada seluruh desa bisa mengoperasikan aplikasi IDM (indeks desa membangun) atau mendata sendiri desanya tanpa bergantung kepada pendamping desa masing masing.(*/Fadly)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

BADKO HMI Jambi Malah Aksi di Polda Jambi, Ini Dipicu Bentrok dengan Aparat di Gedung Dewan

JAMBI - Aksi Badan Koordinasi HMI Jambi malah berbuntut panjang. Aksi yang telah dilakukan di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi dua kali berujung bentrok denga

Berita Daerah

Kerakusan Pengusaha Ilegal memberikan Luka Menganga di Tubuh Bangsa

Ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor usaha, baik formal maupun informal. Namun, di balik geliat ekonomi, terdapat oknum yang menjalankan usaha secara ilegal.

Opini

Rio Dezaneru Targetkan 500 Juta Pembiayaan Non Bank untuk Anggota

MUARO JAMBI – Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi, Rio Dezaneru menargetkan lima ratus juta rupiah pemb

Berita Daerah

Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Muaro Jambi, Ini Visi dan Misi Rio Dezaneru

MUARO JAMBI – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi menggelar pelantikan pengurus baru periode 2024-2027, di Aula Ru

Berita Daerah

Gedung Megah Senilai Rp 25 Miliar di Tanjabbar Disorot

TANJABBAR – Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar dalam dua tahun terakhir menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Gedung Pemda senilai Rp 25 miliar. Dengan r

Berita Daerah


Advertisement