Ilegal Drilling di Batanghari, Siapa Aktor Dibalik Layar?


Sabtu, 20 Januari 2024 - 09:19:38 WIB - Dibaca: 282 kali

Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto. / HALOSUMATERA.COM

BATANGHARI- Aktivitas ilegal drilling di Kabupaten Batanghari diduga belum tersentuh oleh aparat hukum. Eksploitasi minyak secara ilegal hingga kini belum terungkap, terutama aktor pemodal dibalik layar.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kerusakan lingkungan yang semakin parah terus terjadi di beberapa titik lokasi illegal driling.

Diantaranya Desa Bungku dan Desa Jebak yang berada di wilayah Hutan Tahura yang terus diekploitasi.

Beberapa hari lalu, Desa Pompa Air Bungku Kecamatan Bajubang kabupaten Batanghari Kabupaten kembali mengalami kebakaran sumur illegal driling, yang sebelumnya lokasi illegal driling turut membakar lokasi penampungan minyak di Desa Jebak dalam Kawasan Hutan Tahura Senami.

Kebakaran sumur minyak ilegal yang terjadi di Simpang Wilayah Kerja Pertamina (WKP) Desa Pompa Air, terjadi pada Kamis 18 Januari 2024 lalu.

Dari video berdurasi 11 detik yang beredar, terlihat kepulan asap hitam membumbung tinggi, asap tersebut, diduga timbul akibat peristiwa kebakaran sumur minyak illegal.

" Gara-gara minyak murah gaes, di Pompa Air," singkat perekam video yang diunggah di medsos.

Sementara itu, Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto, mengatakan dalam grup WhatsApp Media Center Polres Batang Hari merespon singkat bahwa anggota sedang menuju lokasi untuk lakukan Lidik.

" Terima kasih rekan wartawan. Anggota sudah turun ke lokasi dan sudah lakukan lidik," tulisnya singkat.

Insiden dan kejadian Aktifitas illegal driling, bukan yang pertama kalinya terjadi, bahkan aktifitas illegal driling di Kabupaten Batanghari seakan tak mampu dihentikan lantaran dugaan banyaknya aliran dana yang mengalir yang bersumber dari aktifitas illegal driling tersebut. (*/Eko/nik)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

BADKO HMI Jambi Malah Aksi di Polda Jambi, Ini Dipicu Bentrok dengan Aparat di Gedung Dewan

JAMBI - Aksi Badan Koordinasi HMI Jambi malah berbuntut panjang. Aksi yang telah dilakukan di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi dua kali berujung bentrok denga

Berita Daerah

Kerakusan Pengusaha Ilegal memberikan Luka Menganga di Tubuh Bangsa

Ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor usaha, baik formal maupun informal. Namun, di balik geliat ekonomi, terdapat oknum yang menjalankan usaha secara ilegal.

Opini

Rio Dezaneru Targetkan 500 Juta Pembiayaan Non Bank untuk Anggota

MUARO JAMBI – Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi, Rio Dezaneru menargetkan lima ratus juta rupiah pemb

Berita Daerah

Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Muaro Jambi, Ini Visi dan Misi Rio Dezaneru

MUARO JAMBI – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi menggelar pelantikan pengurus baru periode 2024-2027, di Aula Ru

Berita Daerah

Gedung Megah Senilai Rp 25 Miliar di Tanjabbar Disorot

TANJABBAR – Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar dalam dua tahun terakhir menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Gedung Pemda senilai Rp 25 miliar. Dengan r

Berita Daerah


Advertisement