Ini Pesan Bupati saat Membuka MTQ Tingkat Kabupaten ke 46


Kamis, 24 November 2016 - 22:05:56 WIB - Dibaca: 1484 kali

Bupati Tanjabbar Dr Ir H Safrial saat Menghadiri Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten ke 46 di Desa Rantau Badak.(HMS/IT) / HALOSUMATERA.COM

KUALATUNGKAL - Bupati Tanjungjabung Barat Dr Ir H Safrial  membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 Tingkat Kabupaten yang berlangsung di Desa Rantau Badak Kecamatan Muara Papalik, Jumat (4/11) lalu.

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati didampingi Wakil Bupati Tanjabbar Drs H Amir Sakib, Sekda Ambok Tuo, dan Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat, Mulyani Siregar.

Camat Muara Papalik Takdirman dalam laporannya mengatakan perhelatan MTQ Ke-46 tingkat Kabupaten tersebut berlangsung mulai dari tanggal 4-7 November 2016 diikuti 13 kecamatan se Kabupaten Tanjabbar.

Peserta berjumlah 385 orang  dan terdiri dari 130 official. Adapun cabang yang diperlombakan pada MTQ Ke-46 ini terdiri dari Tilawah Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Sarhil Quran, Koftil Quran, Barzanji Marhaban dan musabaqah makalah.

Bupati Tanjabbar Safrial dalam sambutannya mengatakan, MTQ merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, Nasional bahkan Internasional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu bacaan, pemahaman serta pengamalan isi kandungan Alquran di kalangan umat Islam, karena Al-Quran merupakan petunjuk dan pemandu hidup umat Islam di seluruh jagad raya.

Bupati mengharapkan pelaksanaan MTQ tersebut akan melahirkan para qori dan qoriah terbaik agar bisa memperkuat Kabupaten Tanjab Barat pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi yang akan datang.

Bupati juga mengajak semua pihak untuk senantiasa memberikan perhatian serius terhadap pengembangan dan pemasyarakatan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Caranya dengan meningkatkan fungsi dan peranan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) baik tingkat kecamatan maupun kabupaten dalam menyusun program yang baik. Dengan demikian, para qari dan qariah bukan sekadar bisa membaca, namun juga dapat memahami serta mampu mengimplementasikan dan mengembangkannya melalui peningkatan kualitas peserta di masa-masa mendatang.

Acara pembukaan MTQ tersebut berlangsung meriah dan mendapat sambutan ribuan masyarakat. Pembukaan tersebut juga dirangkai dengan pelantikan para dewan hakim sekaligus pemasangan toga dewan hakim secara simbolis yang dilakukan Bupati Tanjab Barat. (*/hms/roy)

Editor : Andri Damanik




Komentar Anda



Terkini Lainnya

BADKO HMI Jambi Malah Aksi di Polda Jambi, Ini Dipicu Bentrok dengan Aparat di Gedung Dewan

JAMBI - Aksi Badan Koordinasi HMI Jambi malah berbuntut panjang. Aksi yang telah dilakukan di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi dua kali berujung bentrok denga

Berita Daerah

Kerakusan Pengusaha Ilegal memberikan Luka Menganga di Tubuh Bangsa

Ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor usaha, baik formal maupun informal. Namun, di balik geliat ekonomi, terdapat oknum yang menjalankan usaha secara ilegal.

Opini

Rio Dezaneru Targetkan 500 Juta Pembiayaan Non Bank untuk Anggota

MUARO JAMBI – Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi, Rio Dezaneru menargetkan lima ratus juta rupiah pemb

Berita Daerah

Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Muaro Jambi, Ini Visi dan Misi Rio Dezaneru

MUARO JAMBI – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi menggelar pelantikan pengurus baru periode 2024-2027, di Aula Ru

Berita Daerah

Gedung Megah Senilai Rp 25 Miliar di Tanjabbar Disorot

TANJABBAR – Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar dalam dua tahun terakhir menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Gedung Pemda senilai Rp 25 miliar. Dengan r

Berita Daerah


Advertisement