Kejaksaan Deli Serdang Tetapkan Mantan Kades dan Sekdes Medan Estate Tersangka


Rabu, 13 April 2022 - 03:05:41 WIB - Dibaca: 808 kali

Keterangan Pers Kacabjari Deli Serdang Anggara Suryanegara Senin malam (11/4/2022).(*/ist) / HALOSUMATERA.COM

SUMUT|HALOSUMATERA - Faizal Arifin selaku mantan Kepala Desa (Kades) dan Rusmiati selaku Sekdes (Sekretaris Desa) Medan Estate Kecamatan Percut Sei tuan Kabupaten Deli Serdang, ditetapkan sebagai tersangka.

Kedua  tersangka ditetapkan atas dua penyidikan yaitu berdasarkan dugaan tindak pidana korupsi  pengelolaan restribusi sampah di desa Medan Estate sejak tahun 2017 sampai tahun 2020 dan untuk penyidikan pungli atas dugaan pengelolaan dana CSR di desa Medan Estate 2017 sampai 2020.

"Kami sudah melakukan PKN (Penghitungan Kerugian Negara) dari ahli dengan hasil kerugian sebesar 534.000.000, lebih, dan terhadap perkara ini  penyidik menerapkan pasal sangkaan pasal 2 ayat 1 Junto pasal 3, Junto pasal 16 ayat 1,2 dan 3 UU RI No 20 Tahun 2021 tentang tindak pidana korupsi," jelas Kacabjari Deli Serdang di Labuhan Deli, Anggara Suryanegara dalam keterangannya kepada awak media, Senin malam (11/4/2022).

Ucapnya lebih lanjut, Faizal Arifin pada saat itu selaku Kades dan Rusmiati selaku Sekdes secara bersama- sama mereka berdua menggerakan atau paling bertanggung jawab untuk melakukan pungli terhadap restribusi sampah di Desa Medan Estate dan selanjutnya terkait adanya penerimaan dana CSR dari pihak ketiga yang oleh kedua bersangkutan tidak dimasukan kedalam APBDes.

"Untuk tersangka Faizal Arifin ditahan di Rutan Kelas 1 Tanjung Kusta sedangkan Rusmiati di Rutan tahanan wanita Medan, "ucapnya.

Untuk Faizal pernah menjabat sebagai Kades selama 3 periode sedangkan Rusmiati masih aktif sebagai Sekdes.(*/Fadly)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

BADKO HMI Jambi Malah Aksi di Polda Jambi, Ini Dipicu Bentrok dengan Aparat di Gedung Dewan

JAMBI - Aksi Badan Koordinasi HMI Jambi malah berbuntut panjang. Aksi yang telah dilakukan di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi dua kali berujung bentrok denga

Berita Daerah

Kerakusan Pengusaha Ilegal memberikan Luka Menganga di Tubuh Bangsa

Ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor usaha, baik formal maupun informal. Namun, di balik geliat ekonomi, terdapat oknum yang menjalankan usaha secara ilegal.

Opini

Rio Dezaneru Targetkan 500 Juta Pembiayaan Non Bank untuk Anggota

MUARO JAMBI – Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi, Rio Dezaneru menargetkan lima ratus juta rupiah pemb

Berita Daerah

Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Muaro Jambi, Ini Visi dan Misi Rio Dezaneru

MUARO JAMBI – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi menggelar pelantikan pengurus baru periode 2024-2027, di Aula Ru

Berita Daerah

Gedung Megah Senilai Rp 25 Miliar di Tanjabbar Disorot

TANJABBAR – Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar dalam dua tahun terakhir menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Gedung Pemda senilai Rp 25 miliar. Dengan r

Berita Daerah


Advertisement