Kemungkinan Besar Arakan Sahur Tahun Ini Masih Virtual


Selasa, 15 Maret 2022 - 15:45:46 WIB - Dibaca: 649 kali

Arakan Sahut yang menjadi tradisi turun temurun di Kota Kualatungkal.(*/nik) / HALOSUMATERA.COM

TANJABBAR | HALOSUMATERA – Arakan sahur di Kualatungkal Kabupaten Tanjabbar menjadi wisata lokal yang terus digelar selama Bulan Ramadhan. Namun sejak pandemi Covid-19, kegiatan yang dinanti-nanti warga Tungkal dan sekitarnya ini sempat digelar secara virtual dalam dua tahun terakhir.

Kegiatan arakan sahur ini tentunya menampilkan seni kreasi dari masing-masing kelompok masjid dan peserta lainnya. Para peserta memperlihatkan miniatur perahu dan Alquran selama berlangsungnya arakan sahur, sembari melantunkan shalawat dan ayat suci Al Quran.

Lantunan zikir juga diimbangi dengan musik-musik sederhana, dan atraksi yang unik, membuat penonton betah di sepanjang jalan protokol Kualatungkal, selama arakan berlangsung.

Biasanya arakan sahur ini akan melintasi jalan-jalan utama di Kota Kualatungkal, dan digelar setiap minggunya selama Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan arakan sahur ini tentu dinanti warga Kualatungkal, yang rela menunggu waktu sahur, untuk menyaksikan instrument dan keunikan miniatur arakan yang akan dipertontonkan.

Bagaimana dengan arakan sahur tahun ini? Kabarnya, arakan Sahur masih dilaksanakan secara Virtual, sebagaimana dikatakan Plt Kadis Parpora Tanjabbar H Mulyadi S Pd M Kes saat di temui di ruang kerjanya, Kamis (10/03/2022).

"Untuk tahun ini pelaksanaan arakan sahur akan tetap kita adakan secara Virtual," ucap Mulyadi.

Namun, kata Mulyadi, jika tidak ada peningkatan kasus pandemi Covid 19 di Tanjabbar, maka pelaksanaan arakan sahur akan dilaksanakan secara langsung seperti biasa.

"Pak Bupati kita ingin pelaksanaan Arakan Sahur diadakan secara langsung, jika kasus Covid 19 di Tanjabbar tidak mengalami peningkatan, akan tetapi, jika mengalami peningkatan, maka pelaksanaan arakan sahur tahun ini akan tetap kita laksanakan secara Virtual," ungkap Mulyadi.

Dikatakan Mulyadi, dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat mengenai pelaksanaan arakan sahur. “ Untuk sementara anggaran yang kita usulkan ke pemda Arakan sahur dilaksanakan secara virtual,” lanjut Mulyadi.

"Kita doakan saja, semoga pandemi covid 19 di Tanjabbar berlalu dan tidak mengalami peningkatan, sehingga pelaksanaan Arakan Sahur akan kita laksanakan secara langsung," tukasnya. (*/put/nik)

Editor: Andri Damanik




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Pengakuan Warga Kuala Tungkal, Pakai Motor Listrik Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

KUALATUNGKAL - Dalam mendukung Electric Vehicle (EV) yang sedang berkembang pesat di Indonesia, PLN mempromosikan kendaraan listrik berupa mobil listrik, motor

Advertorial

Listrik dan Pipa Bocor Jadi Kendala Perumda Air Minum Tirta Pengabuan

TANJABBAR - Distribusi air ledeng dari Perumda Air Minum Tirta Pengabuan masih belum terealisasi sepenuhnya. Disamping terkendala tegangan listrik, masih banyak

Berita Daerah

Tongkang Batubara Tabrak Fender Tiang Jembatan, Gubernur Al Haris Minta Pengusaha Ganti Rugi

JAMBI  - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH meminta kepada pengusaha untuk bertanggung jawab atas insiden tongkang angkutan batubara yang menabrak

Advertorial

Gubernur Al Haris Terima Penghargaan dari Densus 88 Anti Teror Polri

JAMBI - Gubernur Jambi DR. H. Al Haris, S.Sos, MH mendapat penghargaan dari Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 Anti Teror Polri. Penghargaan dari satuan khusus

Advertorial

Wagub Sani : Turnamen Ekshibisi Dies Natalis Unja Jalin Kebersamaan

JAMBI - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengemukakan, Turnamen dan Ekshibisi Domino untuk memeriahkan Dies Natalis ke-61 Universitas

Advertorial


Advertisement