Kemungkinan Besar Arakan Sahur Tahun Ini Masih Virtual


Selasa, 15 Maret 2022 - 15:45:46 WIB - Dibaca: 271 kali

Arakan Sahut yang menjadi tradisi turun temurun di Kota Kualatungkal.(*/nik) / HALOSUMATERA.COM

TANJABBAR | HALOSUMATERA – Arakan sahur di Kualatungkal Kabupaten Tanjabbar menjadi wisata lokal yang terus digelar selama Bulan Ramadhan. Namun sejak pandemi Covid-19, kegiatan yang dinanti-nanti warga Tungkal dan sekitarnya ini sempat digelar secara virtual dalam dua tahun terakhir.

Kegiatan arakan sahur ini tentunya menampilkan seni kreasi dari masing-masing kelompok masjid dan peserta lainnya. Para peserta memperlihatkan miniatur perahu dan Alquran selama berlangsungnya arakan sahur, sembari melantunkan shalawat dan ayat suci Al Quran.

Lantunan zikir juga diimbangi dengan musik-musik sederhana, dan atraksi yang unik, membuat penonton betah di sepanjang jalan protokol Kualatungkal, selama arakan berlangsung.

Biasanya arakan sahur ini akan melintasi jalan-jalan utama di Kota Kualatungkal, dan digelar setiap minggunya selama Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan arakan sahur ini tentu dinanti warga Kualatungkal, yang rela menunggu waktu sahur, untuk menyaksikan instrument dan keunikan miniatur arakan yang akan dipertontonkan.

Bagaimana dengan arakan sahur tahun ini? Kabarnya, arakan Sahur masih dilaksanakan secara Virtual, sebagaimana dikatakan Plt Kadis Parpora Tanjabbar H Mulyadi S Pd M Kes saat di temui di ruang kerjanya, Kamis (10/03/2022).

"Untuk tahun ini pelaksanaan arakan sahur akan tetap kita adakan secara Virtual," ucap Mulyadi.

Namun, kata Mulyadi, jika tidak ada peningkatan kasus pandemi Covid 19 di Tanjabbar, maka pelaksanaan arakan sahur akan dilaksanakan secara langsung seperti biasa.

"Pak Bupati kita ingin pelaksanaan Arakan Sahur diadakan secara langsung, jika kasus Covid 19 di Tanjabbar tidak mengalami peningkatan, akan tetapi, jika mengalami peningkatan, maka pelaksanaan arakan sahur tahun ini akan tetap kita laksanakan secara Virtual," ungkap Mulyadi.

Dikatakan Mulyadi, dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat mengenai pelaksanaan arakan sahur. “ Untuk sementara anggaran yang kita usulkan ke pemda Arakan sahur dilaksanakan secara virtual,” lanjut Mulyadi.

"Kita doakan saja, semoga pandemi covid 19 di Tanjabbar berlalu dan tidak mengalami peningkatan, sehingga pelaksanaan Arakan Sahur akan kita laksanakan secara langsung," tukasnya. (*/put/nik)

Editor: Andri Damanik




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Jamal Darmawan Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Kampung Nelayan

TANJABBAR | HALOSUMATERA - Anggota DPRD Tanjabbar dari Fraksi Demokrat, Jamal Darmawan memberikan bantuan terhadap korban kebakaran di Kelurahan Kampung Nelayan

Politik

Antisipasi Korsleting Listrik di Rumah, PLN Kualatungkal Keluarkan Himbauan Ini

TANJABBAR|HALOSUMATERA – Tak sedikit insiden kebakaran yang dipicu korsleting arus listrik. Hal ini menjadi perhatian pihak PLN, khususnya PLN ULP Kualatungka

Berita Daerah

Tiga Tahun Berjuang Melawan Tumor Ganas, Sakiyah Hanya Bisa Pasrah

MUAROJAMBI - Nasib malang dialami Sakiyah (32), warga RT.02, Desa Suka Maju, Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Tiga tahun lebih sudah Sak

Berita Daerah

Polda Jambi Tertibkan Armada Batubara, Kementerian ESDM Malah Cabut Sanksi

JAMBI|HALOSUMATERA – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi telah serius menertibkan armada batubara, terutama yang beroperasi di luar jam operasional. Sementara itu

Berita Daerah

Beroperasi Dekat Pemukiman, Tambang Batubara Distop Warga Mestong

MUAROJAMBI|HALOSUMATERA – Adanya perluasan aktivitas penambangan batubara yang diduga dilakukan PT Gea Lestari di RT.01 dan RT.02, Dusun Pelita Jaya, Desa Tal

Berita Daerah


Advertisement