Pertanian Sawit Include Peternakan, Hanya Haris-Sani yang Punya Program Jelas


Minggu, 22 November 2020 - WIB - Dibaca: 39 kali

Abdullah Sani memberikan Jawaban atas Pertanyaan dari Paslon Cawagub Lainnya.(*) / HALOSUMATERA.COM

JAMBI - Masuk ke tema pertanian sawit lengkap di dalamnya peternakan, hanya Al Haris dan Abdullah Sani kandidat Pilgub Jambi yang punya program lengkap dan jelas. Termasuk, anggarannya.

Ketika ditanyakan tanggapan terkait pertanian sawit include peternakan, pada debat kandidat Cawagub Jambi semalam, baik kandidat nomor 1 maupun nomor 2, hanya memaparkan wacana-wacana dan rencana.

Bahkan, kandidat cawagub nomor 2, menegaskan akan ada pilot project untuk menerapkan pertanian sawit plus peternakan ini.

Abdullah Sani menanggapan dengan santai. Itu karena mereka telah memiliki program jelas terkait ini.

"Bagaimana pembibitan? Bagaimana perawatan? Bagaimana tenaga kerjanya?" tanya Abdullah Sani kepada Syafril Nursal.

Dijawab Syafril, itu tidak serta merta bisa diterapkan.

"Harus ada pilot project. Harus dikaji lagi termasuk pemasarannya," kata Syafril.

Sementara, seperti diberitakan sebelumnya, Al Haris dan Abdullah Sani sudah punya program kampung pangan terpadu kawasan pertanian terpadu. Kawasan terpadu ini akan dibangun di tiap kabupaten dalam Provinsi Jambi.

Lewat anggaran khusus melalui Dua Miliar Satu Kecamatan (Dumisake), kawasan terpadu pertanian dan pangan ini akan dijalankan dengan kajian-kajian yang sudah mendalam.

Pembibitan akan diurus dinas pertanian, ternak diurus dinas peternakan, tenaga kerja diurus oleh sarjana-sarjana pertanian.

Bahkan, Al Haris dan Abdullah Sani, jika terpilih menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Jambi nanti, akan segera membuka rekrutmen sarjana pertanian.

Sarjana pertanian akan diterima sampai ribuan orang. Karena seluruh kawasan pertanian dan kawasan pangan terpadu, membutuhkan sarjana-sarjana pertanian/peternakan untuk mengoperasikan supaya optimal dan menghasilkan.

"Haris-Sani bukan sekadar wacana dan rencana saja. Sudah dimatangkan sampai ke anggaran dan operasionalnya. Ini yang membedekan kandidat kita dengan kandidat lain," tegas Musri Nauli SH, Direktur Media dan Publikasi Haris-Sani, Cagub-Cawagub Jambi nomor urut 3.(*)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Belasan Rumah di sekitar Sungai Batang Limun Terancam Ambruk, Warga Harapkan Pembangunan Bronjong

SAROLANGUN (halosumatera.com) - Belasan rumah warga yang berada di pinggir Sungai RT 04, Dusun Lang Menari, Desa Pulau Pandan, Kecamatan Limun Kabupaten Sarolan

Berita Daerah

Tiga Pasien Covid tanpa Gejala Diisolasi di Gedung Balai Adat Tanjabbar

TANJABBAR – Minggu sore (29/11/20), ada tiga pasien Covid-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dirawat di Gedung Balai Adat, yang berada di Jalan Sr

Kesehatan

Saat PKS All Out Menangkan Haris-Sani

JAMBI - PKS Jambi, all out menangkan Al Haris-Abdullah Sani sebagai Gubernur Jambi-Wakil Gubernur Jambi 2021-2024. Mulai pengurus, kader hingga simpatisan PKS,

Pilkada 2020

Lanjutkan Safari Politik di Sadu, Al Haris Silaturahmi dengan Warga Sungai Sayang

JAMBI - Melanjutkan safari politiknya di Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur, calon gubernur Jambi nomor urut 3 bersilaturahmi dengan warga Desa Sunga

Pilkada 2020

Sekolah Maritim Perkuat Sabak-Tungkal

TANJABTIM - Saat nginap di rumah seorang warga, di Desa Sungai Jambat, Kecamatan Sadu, Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Cagub Jambi Al Haris nomor urut 3 sampa

Pilkada 2020


Advertisement