PMKRI Jambi Audiensi dengan Kapolda, Ini Isu Strategis yang Dibahas


Selasa, 31 Mei 2022 - 23:33:32 WIB - Dibaca: 244 kali

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jambi melakukan audiensi dengan Kapolda Jambi Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, S.I.K di Lobby Mapolda Jambi, Selasa 31 Mei 2022.(*/dok) / HALOSUMATERA.COM

JAMBI|HALOSUMATERA - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jambi melakukan audiensi dengan Kapolda Jambi Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, S.I.K di Lobby Mapolda Jambi, Selasa 31 Mei 2022.

Adapun tujuan utama dari audiensi tersebut untuk menjalin hubungan yang baik antara pihak kepolisian dengan rekan mahasiswa, khususnya PMKRI Cabang Jambi.

“ Kami sangat senang,  kedatangan kami disambut dengan baik dan bisa berdiskusi langsung dengan  Kapolda ” ujar Pratama Simarmata selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Jambi saat melakukan audiensi dengan Kapolda dan jajaran.

Dalam kesempatan itu pula PMKRI menyampaikan isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat, diantaranya soal pengangkutan batubara di Provinsi Jambi.

Dikatakan Pratama, Provinsi Jambi merupakan salah satu daerah yang memiliki cadangan batubara terbesar di Indonesia, dan tercatat sebagai penyumbang yang cukup besar bagi negara.

Dengan potensi batubara yang belum di explorasi sebanyak 788,65 juta ton, ironis nya kekayaan alam tersebut bagi sebagian masyarakat bukan lah sebuah karunia melainkan sebuah malapetaka.

“ Bagaimana tidak ketika golongan tertentu menikmati hasil emas hitam tersebut, di sisi lain mayarakat hanya menikmati jalan yang  rusak akibat truk- truk batubara yang melintas dengan muatan berlebih. Hal yang paling buruk adalah kecelakaan lalu lintas yang di sebabkan truk-truk batubara di Jambi masuk kategori tertinggi,” kata Pratama.

Dia berharap, pihak kepolisian juga harus lebih meningkatkan pengawasan terhadap angkutan batubara yang melewati batas maksimal beban sesuai dengan peraturan yang sudah di tetapkan” Tutup Pratama Simarmata.

Sementara itu, Parlin Sihaloho, Presidium Gerak Kemasyarakatan menyebut, tidak sedikit kecelakaan yang disebabkan truk-truk batubara merenggut nyawa masyarakat yang berdomisili di daerah jalan lintas yang sering dilalui truk-truk batubara.

"Kami dan masyarakat pun berharap supaya pembangunan jalur khusus pegangkutan batubara  terealisasikan dan dalam jangka pendek juga pihak kepolisian harus  lebih meningkatkan pengawasan terhadap truk- truk batubara yang melanggar jam operasi yang sudah ditentukan agar dapat meminimalisisir kecelakaan lalulintas yang disebabkan oleh truk-truk batubara tersebut,” ujar Parlin.

Hal tersebut ditanggapi serius oleh Kapolda Jambi Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, S.I.K. Jenderal bintang dua ini mengapresiasi mahasiswa yang kritis terhadap isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat.

“Saya sangat senang kepada adik- adik mahasiswa yang kritis menyampaikan isu-isu yang ada di masyarakat dan semoga melalui ini sinergitas dan kolaborasi Kepolisian dengan PMKRI semakin terjalin dengan Baik,” ujar Kapolda Jambi.(*/nik)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Jamal Darmawan Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Kampung Nelayan

TANJABBAR | HALOSUMATERA - Anggota DPRD Tanjabbar dari Fraksi Demokrat, Jamal Darmawan memberikan bantuan terhadap korban kebakaran di Kelurahan Kampung Nelayan

Politik

Antisipasi Korsleting Listrik di Rumah, PLN Kualatungkal Keluarkan Himbauan Ini

TANJABBAR|HALOSUMATERA – Tak sedikit insiden kebakaran yang dipicu korsleting arus listrik. Hal ini menjadi perhatian pihak PLN, khususnya PLN ULP Kualatungka

Berita Daerah

Tiga Tahun Berjuang Melawan Tumor Ganas, Sakiyah Hanya Bisa Pasrah

MUAROJAMBI - Nasib malang dialami Sakiyah (32), warga RT.02, Desa Suka Maju, Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Tiga tahun lebih sudah Sak

Berita Daerah

Polda Jambi Tertibkan Armada Batubara, Kementerian ESDM Malah Cabut Sanksi

JAMBI|HALOSUMATERA – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi telah serius menertibkan armada batubara, terutama yang beroperasi di luar jam operasional. Sementara itu

Berita Daerah

Beroperasi Dekat Pemukiman, Tambang Batubara Distop Warga Mestong

MUAROJAMBI|HALOSUMATERA – Adanya perluasan aktivitas penambangan batubara yang diduga dilakukan PT Gea Lestari di RT.01 dan RT.02, Dusun Pelita Jaya, Desa Tal

Berita Daerah


Advertisement