Di Buka di Sei Gelam, Ditutup di Lapangan Garuda

PWN 2021 Provinsi Jambi Sejalan dengan Agenda Pembangunan Nasional


Sabtu, 11 Desember 2021 - 08:35:09 WIB - Dibaca: 221 kali

HALOSUMATERA.COM / HALOSUMATERA.COM

JAMBI – Tepat 10 Desember 2021, akhirnya kegiatan Perkemahan Wirakarya Tingkat Nasional (PWN) Tahun 2021 Provinsi Jambi yang diikuti, 1.100 peserta dari 34 Kwarda di Indonesia resmi ditutup. Penutupan kegiatan PWN dilaksanakan di lapangan Garuda, Perkantoran Bupati Batanghari, Jumat pagi.

Penutupan upacara PWN dipimpin langsung Gubernur Jambi selaku Ketua Kamabida Gerakan Pramuka Jambi, Dr H Al Haris S Sos M H.

Turut hadir dalam upacara penutupan tersebut Wakil Ketua Kwartir Nasional Komisi Bina Muda, Prof.Dr.S.Budi Prayitno, M.Si, Unsur Forkompimda Provinsi Jambi, Bupati Batang Hari selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Batanghari, Fadhil Arief, S.E. Bupati Biuren Dr.H.Muzakkar A.Gani, S.H., M.Si, Wakil Bupati Sarolangun, H.Hilalatil Badri dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Provinsi Jambi.

Tak ketinggalan hadir, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P., M.M, Sekretaris Kwarda Jambi Bpk. Yevi Rivaldi, S.H., M.H, para Ketua atau yang mewakili Kwarda Pramuka seluruh Indonesia, Wakajati Jambi Dr. Hermon Dekristo, SH., MH

Dalam upacara penutupan WPN, diawali dengan laporan Ketua Sangga Kerja PWN 2021, Ninda Puspita Dewi, S.Sos, dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Batanghari selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Batanghari.

Kemudian, sambutan Ketua Kwartir Nasional yang disampaikan Wakabina Muda Kwartir Prof.Dr.S.Budi Prayitno, M.Si dan amanat Pembina upacara yang disampaikan langsung Gubernur Jambi.

Berakhirnya kegiatan PWN ini juga ditandai dengan pelepasan tanda aparat perkemahan dan perwakilan peserta perkemahan oleh Ketua Kamabida Gerakan Pramuka Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H. didampingi Wakil Ketua Kwartir Nasional Komisi Bina Muda, Prof Dr S Budi Prayitno M Si, serta Ketua Kwarda Jambi H.Sudirman.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi Dr H Al Haris S Sos MH mengatakan, tidak Terasa Kegiatan PWN 2021 yang dibuka Menpora pada 4 Desember 2021, pada Jumat 10 Desember 2021 akhirnya ditutup.

Selama delapan hari semua komponen telah bersama-sama bergerak, menguatkan tekad untuk terlaksananya PWN 2021 di Provinsi Jambi. “Semoga hal ini menjadi pertanda baik bahwa penyelenggaraan PWN ke 14 tahun 2021 Provinsi Jambi berhasil dan sukses,” kata Gubernur Jambi.

Dikatakan Gubernur, kehadiran peserta PWN di Provinsi Jambi sebagai wujud nyata pengamalan Satya dan Darma Pramuka yang terpatri kuat dalam jiwa pramuka.

“Atas capaian adik-adik lakukan di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Muarojambi dan Batanghari melalui momentum PWN tahun ini, saya Gubernur Jambi selaku Ka Mabida Gerakan Pramuka mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi,” kata Al Haris.

“Kepada Kwarnas Gerakan Pramuka, kami sampaikan terimakasih dan penghargaan atas kepercayaan yang diberikan kepada Provinsi Jambi sebagai tuan rumah penyelenggaraan PWN tahun 2021,” tuturnya.

Tak lupa Gubernur Jambi menyampaikan permohonan maaf dari Pemerintah Provinsi Jambi selaku tuan rumah penyelenggara PWN 2021, jika ada kekurangan dalam pelaksanaan di lapangan.

“Sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan kami menyadari terdapat kekurangan, kekhilafan dan ketidak sempurnaan. Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi dan keluarga besar Gerakan Pramuka Jambi saya sampaikan permohonan maaf kepada Kwarda se- Indonesia dan kontingen asal Provinsi Jambi,” kata mantan Bupati Merangin ini.

Al Haris juga tak lupa menghaturskan terimakasih kepada kementerian dan lembaga yang berperan besar membantu persiapan hingga terselenggaranya PWN 2021, unsur Forkompimda, Kepala OPD di lingkup Provinsi Jambi, Bupati Batanghari, Bupati Muarojambi serta seluruh tenaga kesehatan yang bertugas, dan masyarakat di Kabupaten Muarojambi dan Batanghari.

Kegiatan Fisik dan Non Fisik

Setidaknya ada 1.100 peserta PWN 2021 yang mengikuti kegiatan fisik maupun non fisik, baik itu di Maincamp (Bumi Perkemahan Sungai Gelam Jambi) Kabupaten Muaro Jambi maupun di Subcamp (Bajubang Laut, Sungai Baung, Aro, Muaro Singoan, Olak) Kabupaten Batanghari.

Sesuai visinya, Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Jambi tahun 2021 merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kegiatan ini sejalan dengan agenda pembangunan Nasional dikemas dalam isu-isu strategis  yang berkelanjutan.

Berikut kegiatan fisik dan non fisik yang digelar selama kegiatan PWN 2021 Provinsi Jambi.

Non Fisik:

  1. Pengembangan rintisan BUMDes dan BUMDes bersama di lokasi PWN
  2. Pengembangan Produk dan Pemasaran Produk UKM Berbasis Potensi Lokal baik dalam bidang kuliner, kerajinan, jasa wisata, dll.
  3. Pengembangan rintisan “Desa Kreatif  berbasis Teknologi Digital” untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat desa lokasi PWN.
  4. Peningkatan Jaringan Komunikasi dalam mendukung “Digitalisasi Desa” untuk meningkatkan kegiatan administrasi desa, pengelolaan BUMDES dan BUMDesma, pemanfaatan media sosial untuk promosi desa dan peningkatan kegiatan Ibu-ibu PKK.
  5. Kegiatan dan Pelatihan lain seperti: Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim; Ketahanan Pangan; Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif; Kesehatan Masyarakat.
  6. Pembagian Sembako
  7. Pramuka Mengajar
  8. Bantuan Keluarga Pra Sejahtera
  9. Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Pembagian Masker
  10. Pelatihan dan Implementasi Program Earth Tribe
  11. Pengenalan Energi Terbarukan Biofuel
  12. Pelatihan & Simulasi SDGs Leadership
  13. Pelatihan & Praktek Pengelolaan Kampung Iklim
  14. Pelatihan & Praktek Pengelolaan Bank Sampah
  15. Pelatihan Optimalisasi Bumdes dan Bumdesma
  16. Pelatihan Digitalisasi Desa & Ekonomi Digital
  17. Pelatihan Produksi, Pengemasan, Promosi dan Pemasaran UKM Desa
  18. Pelatihan Produksi, Pengemasan & Promosi Kerajinan Khas Jambi
  19. Pelatihan Pengelola Desa Ramah Anak
  20. Aksi Penurunan Stunting
  21. Pelatihan Optimalisasi Desa Wisata
  22. Pelatihan Pola Hidup Bersih dan Sehat
  23. Pelatihan Trauma Healing
  24. Pengenalan Tari Tradisional Jambi
  25. Pelatihan Komunikasi dan Promosi Potensi Desa berbasis Digital Konten (Tim Kreatif Desa)
  26. Pelatihan Pramuka Sahabat “Suku Batin IX”
  27. Pelatihan Pengelolaan DAS dan Aksi Penghijauan
  28. Pelatihan, Pembuatan dan perawatan Biopori
  29. Pelatihan Akupressure
  30. Pelatihan Penangkaran Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura
  31. Pelatihan pemanfaatan Lahan Terbuka untuk Tanaman Pangan
  32. Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Kegiatan fisik diantaranya, Pembangunan Tugu PW Nasional tahun 2021, Pembuatan Tapal Batas Desa, Pembangunan Gerbang Kampung Pramuka dan Pembuatan Pos Ronda.(*/Andri Damanik)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Bupati Pimpin Rakor dengan Perusahaan di Tanjabbar

TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat M  Ag menghadiri sekaligus memimpin Rapat Koordinasi bersama perusahaan- perusahaan yang beroperasi

Ekonomi

Rakorda Nasdem Tanjabbar, Fasha Berikan Motivasi dan Bantuan Ambulans

TANJABBAR - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar pelantikan sekaligus pembukaan Rapat Koordinasi Daera

Politik

Luhut Minta PT PLN Batubara Dibubarkan

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta anak usaha PT PLN (Persero), yaitu PT PLN Batubara dibubarkan. L

Berita Daerah

2.087 IUP Mulai Dicabut, Diantaranya Pertambangan di Jambi

JAKARTA - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mulai mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP), Senin 10 Januari 2022. IUP yang dicabut me

Ekonomi

Ini Nama Pejabat Eselon II Tanjabbar yang Dilantik Bupati

TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Drs H Anwar Sadat M Ag melantik tiga pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabbar

Berita Daerah


Advertisement