Sosialisasi PPTPKH Langsung Dibuka PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri


Selasa, 04 Juni 2024 - 20:52:51 WIB - Dibaca: 174 kali

Penjabat Bupati Sarolangun (PJ) Bachril Bakri membuka sosialisasi penyelesaian kepemilikan tanah dalam rangka perencanaan kawasan hutan (PPTPKH), Selasa 4 Juni 2024.(*/Nop) / HALOSUMATERA.COM

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun (PJ) Bachril Bakri membuka sosialisasi penyelesaian kepemilikan tanah dalam rangka perencanaan kawasan hutan (PPTPKH), Selasa 4 Juni 2024. Sosialisasi digelar di Aula Kantor Bupati Sarolangun.

Kegiatan sosialisasi PPTPKH juga dihadiri oleh Pj Sekretaris Sarolangun Ir Dedi Hendri, Ketua KPHP Ulu Arbain, Ketua KPHP Ilir Misriadi, Kepala OPD terkait, Camat dan Kepala Desa serta perwakilan Forkopimda Sarolangun.

Hadir pula perwakilan dari Kepala Dinas Kehutanan Wilayah XIII Pangkal Pinang, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi serta narasumber dari Dinas dan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan, sosialisasi ini sangat penting karena dari data Kabupaten Sarolangun memiliki kawasan hutan terluas di Provinsi Jambi, dengan luasan 1.000 hektare.

“Program ini sangat baik bagi Pemerintah Kabupaten, juga Pemerintah Daerah dapat mengontrol bila terjadi sesuatu di kawasan hutan,” kata Pj Bupati Sarolangun.

Menurutnya, kegiatan penataan kawasan hutan dapat memberikan arahan yang lebih konkrit mengenai pelaksanaan penguasaan lahan di dalam kawasan hutan dalam rangka penguatan kawasan hutan.

“Penataan kawasan hutan sangat diperlukan, baik dari segi dampak lingkungan maupun ekonomi. Dari segi lingkungan, pengelola lahan bisa menaati aturan, sedangkan dari segi ekonomi bisa bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian,” kata Bachril Bakri.

Bachril Bakri mengatakan, penguatan kawasan hutan bertujuan untuk memberikan kepastian hukum mengenai status, fungsi, letak, batas dan luas kawasan hutan, penataan kawasan hutan, dan penetapan kawasan hutan.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan kita dapat saling memahami dan mengembangkan kerjasama antar lembaga, instansi, masyarakat dan pihak terkait lainnya guna mengatasi permasalahan tenurial yang kita hadapi di Kabupaten Sarolangun,” ujarnya.(nop/nik/adv)

 

 




Komentar Anda



Terkini Lainnya

BADKO HMI Jambi Malah Aksi di Polda Jambi, Ini Dipicu Bentrok dengan Aparat di Gedung Dewan

JAMBI - Aksi Badan Koordinasi HMI Jambi malah berbuntut panjang. Aksi yang telah dilakukan di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi dua kali berujung bentrok denga

Berita Daerah

Kerakusan Pengusaha Ilegal memberikan Luka Menganga di Tubuh Bangsa

Ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor usaha, baik formal maupun informal. Namun, di balik geliat ekonomi, terdapat oknum yang menjalankan usaha secara ilegal.

Opini

Rio Dezaneru Targetkan 500 Juta Pembiayaan Non Bank untuk Anggota

MUARO JAMBI – Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi, Rio Dezaneru menargetkan lima ratus juta rupiah pemb

Berita Daerah

Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Muaro Jambi, Ini Visi dan Misi Rio Dezaneru

MUARO JAMBI – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi menggelar pelantikan pengurus baru periode 2024-2027, di Aula Ru

Berita Daerah

Gedung Megah Senilai Rp 25 Miliar di Tanjabbar Disorot

TANJABBAR – Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar dalam dua tahun terakhir menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Gedung Pemda senilai Rp 25 miliar. Dengan r

Berita Daerah


Advertisement