Usai Apel Pagi, Semua Senpi Diperika di Halaman Mapolres Sarolangun


Selasa, 15 Maret 2022 - 17:48:41 WIB - Dibaca: 277 kali

Pemeriksaan kelengkapan senpi Personel Polres Sarolangun, Selasa (15/3/22) / HALOSUMATERA.COM

SAROLANGUN | HALOSUMATERA - Polres Sarolangun menggelar pemeriksaan senjata api (senpi) dinas yang dipegang oleh personel di halaman Mapolres Sarolangun setelah apel pagi, Selasa (15/03/2022).

Pemeriksaan dipimpin langsung oleh Wakapolres Sarolangun Kompol Sandy Mutaqqin Pranayudha, S IK MH bersama sejumlah pejabat utama Polres Sarolangun.

Pantauan halosumatera.com, setelah apel pagi, seluruh personel secara bergantian melakukan pemeriksaan senpi secara teknis yang dilakukan oleh Seksi Propam dan Bag Logistik Polres Sarolangun.

Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, S.IK, melalui Kasi Humas IPTU Rindradi menjelaskan, pemeriksaan dan pengecekan senpi merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala. 

"Demi memastikan senjata api yang digunakan personil, pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisi yang gunakan oleh personil. Kegiatan ini hanya bertujuan untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan," ujarnya.

Setelah itu Iptu Rindradi menambahkan, jika senpi surat-surat dalam kondisi mati atau personel sudah pindah tugas maka senpi tersebut akan diambil. 

"Setiap anggota harus menjaga kelengkapan senpi jika surat senpi maupun kebersihan senpi tidak diperhatikan, maka senpi tersebut akan ditarik. Itu sudah menjadi sanksi bagi anggota,"katanya. 

Sementara itu kasi Humas menambahkan senjata api dinas yang dipegang anggota Polri berfungsi untuk melindungi masyarakat ketika personel menjalankan tugas menjaga kamtibmas. Dalam rangka itulah, pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas digelar oleh Propam Polres Sarolangun.  

"Kita tahu, tidak semua personel diizinkan untuk memegang senpi dinas. Personel yang memegang senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan," katanya.

Setiap anggota Polri yang memegang senpi dinas harus memenuhi beberapa syarat antara lain dinyatakan sehat, lulus tes psikologi, mempunyai mental kepribadian yang baik. Sementara itu bagi personel yang mendapat prioritas memegang senpi pinjam pakai hanya mereka yang bertugas di bidang operasional lapangan .

"Bagi anggota pemegang senpi harus memiliki keterampilan dalam menggunakan senjata api dan memahami peraturan, prosedur polri serta undang-undang yang terkait dengan senjata api," tandasnya.(*)

Penulis: Nasuha

Editor: Andri Damanik




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Nuryasin Ditemukan Warga Mengapung di Perairan Teluk Majelis, Kuala Jambi

TANJAB TIMUR — Nuryasin (27) Warga Desa Sido Mukti, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) yang hilang diterkam buaya akhirnya d

Peristiwa

Al Haris: Camat Harus Mengayomi, Cepat Respon dan Jadi Garda Terdepan

JAMBI – Camat harus merebut kembali peran dan kapasitasnya di tengah masyarakat. Mereka adalah wajah dari pemimpin di daerahnya masing-masing. Hal tersebut d

Berita Daerah

LSMM Provinsi Jambi: Usut Tuntas Dugaan Pelecehan Seksual di RSUD Raden Mattaher

JAMBI - Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum perawat terhadap mahasiswi kedokteran yang tengah magang di RSUD Mattaher Jambi belum diproses secara huku

Hukum & Kriminal

Limbah PT PAL Cemari Lingkungan, DLH Muaro Jambi Beri Sanksi

MUARO JAMBI - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi menutup Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik PT. Peosympac Agro Lestari (PT. PAL) di Kecamata

Berita Daerah

Program Strategis Nasional, 500 Warga Jambi Terima Sertifikat Gratis

JAMBI - Sebanyak 500 orang warga Provinsi Jambi menerima sertifikat hak atas tanah secara gratis dan serentak di Gedung Putih Grand Kemas, Telanaipura, Jambi, p

Berita Daerah


Advertisement