UU Desa Diberlakukan, Sekdes PNS Ditarik ke SKPD


Senin, 09 Maret 2015 - 09:59:07 WIB - Dibaca: 2588 kali

ilustrasi (net) / HALOSUMATERA.COM

KUALATUNGKAL – Jika Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 diberlakukan, jabatan Sekretaris Desa tidak lagi dijabat Pegawai Negeri Sipil. Pengangkatan dan pemberhentian Sekdes, bukan lagi kewenangan bupati.

Hal ini dikatakan Kabag Pemdes Setda Tanjabbar,Agoes Makmun dikonfirmasi wartawan baru-baru ini. Kata Agoes, dalam UU tersebut, yang mengangkat Sekdes adalah Kepala Desa. Begitu juga dengan pemberhentian Sekdes.

Dikatakan dia, ada 34 Sekdes PNS di Tanjabbar. Setelah UU tersebut diberlakukan, para Sekdes PNS akan ditarik menjadi ke kelurahan ataupun ke kantor Camat. Jika memungkinkan, akan dimutasikan ke SKPD.

“Sekarang ini belum ada instruksinya, tapi jika sudah diberlakuka, Sekdes PNS yang sudah mengabdi akan ditarik,” ujarnya.

Diakui dia, jumlah tenaga PNS di kantor camat maupun kantor lurah masih kurang. Begitu juga di SKPD, masih banyak yang membutuhkan tenaga staf.

Ditambahkan dia, sebelum UU desa diterapkan, para Sekdes PNS masih diberdayakan untuk membantu administrasi di desa masing-masing, sesuai SK penempatan.

Sementara itu, ada beberapa desa pemekaran yang saat ini belum ada sekdes, pemkab menyerahkan kepada kades untuk segera mengangkat sekdesnya masing-masing.

Pihaknya juga masih mencari formulasi untuk peltu Sekdes dari perangkat desa. Dia juga menampik desakan dewan untuk memberdayakan tenaga honorer sebagai Sekdes.

“Peltu Sekdes itu kan dari perangkat desa, bukan ujuk-ujuk langsung jadi Peltu, kalau honorer kita perbantukan jadi sekdes atau peltu gak ada aturannya,”ujarnya.(*)

Editor: Andri Damanik





Komentar Anda



Terkini Lainnya

Bupati Tanjabbar Buka Kegiatan FGD Rencana Investasi Lanskap Pantai Timur

TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Drs H Anwar Sadat, M.Ag membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Rencana Investasi Lanskap  Pantai

Advertorial

Menelusuri Konflik Lahan di Jambi, Frandody: Negara Belum Melaksanakan Reforma Agraria Sejati

JAMBI|HALOSUMATERA – Penyelesaian konflik lahan di Provinsi Jambi menyisakan catatan. Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Provinsi Jambi menilai, negara sa

Berita Daerah

Resmi Jadi Tersangka KPK, AHY Copot Lukas Enembe dari Ketua DPD Demokrat Papua

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mencopot Gubernur Papua Lukas Enembe dari Jabatan Ketua DPD Demokrat Papua, pada Kamis (29/

Politik

Bupati Tanjabbar Tinjau Jalan Rusak di Dalam Kota Tungkal

TANJABBAR - Dengan mengendarai sepeda motor, Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Drs H Anwar Sadat M Ag menelusuri sejumlah jalan yang rusak di seputar Kota

Berita Daerah

Bupati Tanjabbar Buka Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi di Dinas PUPR

TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat M Ag membuka pelatihan konstruksi di Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar. Kegiatan ini melibatkan 150 orang

Advertorial


Advertisement