Bupati Tanjab Barat Hadiri Rakor Disdukcapil se-Provinsi Jambi


Selasa, 31 Mei 2022 - 23:56:55 WIB - Dibaca: 202 kali

Bupati Tanjung Jabung Barat hadiri Rapat Koordinasi Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jambi di Ratu Convention Center Kota Jambi, Senin 30 Mei 2022.(*/dok) / HALOSUMATERA.COM

JAMBI|HALOSUMATERA - Bupati Tanjung Jabung Barat hadiri Rapat Koordinasi Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Provinsi Jambi Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jambi di Ratu Convention Center Kota Jambi, Senin 30 Mei 2022.

Turut hadir Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrulloh, SH.,MH, para Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi, Komisioner KPU dan Bawaslu Provinsi Jambi, para Kepala Dinas Dukcapil se-Wilayah I Sumatera, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota, serta undangan lainnya. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani.

Sebagaimana terlihat hadir Bupati Tanjung Jabung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag didampingi Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs. H. Azwar beserta staf pada kegiatan yang bertema "Dukcapil Dukung dan Sukseskan Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024".

Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrulloh, SH.,MH, saat memberikan pengarahannya kepada para peserta kegiatan ini meminta agar Disdukcapil di masing-masing daerah dalam kinerjanya guna mendukung dan mensukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang mampu memaksimalkan peran RT dalam menyelaraskan data kependudukan yang dihimpun Disdukcapil sehingga terjadi kesalahan data kependudukan disetiap wilayah.

Selanjutnya Bupati Tanjung Jabung Barat mengatakan aspek perekaman kependudukan di Dinas Dukcapil Kabupaten Tanjab Barat sudah cukup baik di atas 100 persen, tinggal beberapa hal lagi yang harus dilakukan.

"Pertama, tugas pokok RT yang akan disosialisasikan oleh Dukcapil, kemudian ada Pemilih Pemula, termasuk juga nomor pokok pemakaman yang belum tercatat. Oleh karena itu kita minta nanti Dukcapil, Camat, Kades/Lurah untuk memantapkan tugas pokok RT untuk membantu pembuatan akte kematian, sehingga nanti pada Pemilu 2024 memang betul-betul Dukcapil kita memberikan dukungan yang penuh" ujar Bupati.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanjung Jabung Barat Drs. H. Azwar yang mendampingi Bupati, mengatakan bahwa pihaknya dalam standar perekaman data kependudukan usia dewasa telah terpenuhi 100 persen warga Tanjung Jabung Barat yang wajib memiliki KTP telah melakukan perekaman data.

"Kita melakukan perekaman Pemilih Pemula, perekaman sedang berlangsung, jadi  kita dari kantor Disdukcapil "jemput bola" masuk ke desa-desa hingga tahun  2024, 12 ribu Pemilih Pemula menjadi target kita," imbuh Azwar.

Rapat Koordinasi yang berlangsung pada kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Jambi melalui instansi terkaitnya  meluncurkan  Pencanangan Lomba Desa/Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan.(*/kominfo)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Jamal Darmawan Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Kampung Nelayan

TANJABBAR | HALOSUMATERA - Anggota DPRD Tanjabbar dari Fraksi Demokrat, Jamal Darmawan memberikan bantuan terhadap korban kebakaran di Kelurahan Kampung Nelayan

Politik

Antisipasi Korsleting Listrik di Rumah, PLN Kualatungkal Keluarkan Himbauan Ini

TANJABBAR|HALOSUMATERA – Tak sedikit insiden kebakaran yang dipicu korsleting arus listrik. Hal ini menjadi perhatian pihak PLN, khususnya PLN ULP Kualatungka

Berita Daerah

Tiga Tahun Berjuang Melawan Tumor Ganas, Sakiyah Hanya Bisa Pasrah

MUAROJAMBI - Nasib malang dialami Sakiyah (32), warga RT.02, Desa Suka Maju, Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Tiga tahun lebih sudah Sak

Berita Daerah

Polda Jambi Tertibkan Armada Batubara, Kementerian ESDM Malah Cabut Sanksi

JAMBI|HALOSUMATERA – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi telah serius menertibkan armada batubara, terutama yang beroperasi di luar jam operasional. Sementara itu

Berita Daerah

Beroperasi Dekat Pemukiman, Tambang Batubara Distop Warga Mestong

MUAROJAMBI|HALOSUMATERA – Adanya perluasan aktivitas penambangan batubara yang diduga dilakukan PT Gea Lestari di RT.01 dan RT.02, Dusun Pelita Jaya, Desa Tal

Berita Daerah


Advertisement