Cegah Wabah DBD dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk


Senin, 23 Januari 2023 - 18:10:51 WIB - Dibaca: 355 kali

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabbar, Zaharuddin.(*/dok) / HALOSUMATERA.COM

TANJABBAR - Pencegahan wabah Demam Berdarah Dengue tidak mesti dilakukan dengan penyemprotan (fogging). Lebih utama adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabbar, Zaharuddin kepada halosumatera.com, Senin (23/1/23).

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan menerapkan 3M Plus yaitu menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat semua tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang).

" Yang paling penting itu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) supaya nyamuk jangan berkembang biak," kata Zaharuddin.

Kata Zaharuddin, menutup rapat tempat-tempa penampungan air, misalnya drum, tedmon, ember, dapat dilakukan sembari memberikan abate.

Selanjutnya, membiasakan mengubur barang-barang bekas seperti kaleng, plastik yang dapat menampung air serta menguras bak2 penampungan air.

" Bila ada kasus DBD positif yang dibuktikan dengan pemeriksaan Laboratorium baru dilakukan penyemprotan / fogging dengan radius 100 meter dari tempat penderita. Namun, perlu diketahui fogging itu hanya membunuh nyamuk dewasa tapi tidak membunuh jentik-jentik yang akan menjadi nyamuk," jelas Zaharuddin.

"Maka yang terpenting itu PSN melalui 3M tadi. Diperlukan kesadaran masyarakat untuk memberantasnya. Tugas Dinkes hanya memberikan penyuluhan kepada masyarakat," tambah Zaharuddin.(*/Ramses)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

BADKO HMI Jambi Malah Aksi di Polda Jambi, Ini Dipicu Bentrok dengan Aparat di Gedung Dewan

JAMBI - Aksi Badan Koordinasi HMI Jambi malah berbuntut panjang. Aksi yang telah dilakukan di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi dua kali berujung bentrok denga

Berita Daerah

Kerakusan Pengusaha Ilegal memberikan Luka Menganga di Tubuh Bangsa

Ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor usaha, baik formal maupun informal. Namun, di balik geliat ekonomi, terdapat oknum yang menjalankan usaha secara ilegal.

Opini

Rio Dezaneru Targetkan 500 Juta Pembiayaan Non Bank untuk Anggota

MUARO JAMBI – Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi, Rio Dezaneru menargetkan lima ratus juta rupiah pemb

Berita Daerah

Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Muaro Jambi, Ini Visi dan Misi Rio Dezaneru

MUARO JAMBI – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi menggelar pelantikan pengurus baru periode 2024-2027, di Aula Ru

Berita Daerah

Gedung Megah Senilai Rp 25 Miliar di Tanjabbar Disorot

TANJABBAR – Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar dalam dua tahun terakhir menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Gedung Pemda senilai Rp 25 miliar. Dengan r

Berita Daerah


Advertisement