DPW SPI Jambi Gelar Pelatihan Vocational Bagi Usaha Mikro Sektor Pertanian dan Perkebunan


Jumat, 05 Agustus 2022 - 14:42:56 WIB - Dibaca: 127 kali

Ketua DPW SPI Jambi Sarwadi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pelatihan Vocational bagi usaha mikro sektor pertanian dan perkebunan di Sekretariat DPW SPI, Jumat 5 Agustus 2022.(*/ados) / HALOSUMATERA.COM

MUAROJAMBI|HALOSUMATERA - Dewan Pengurus Wilayah Serikat Petani Indonesia (DPW SPI) Provinsi Jambi menggelar pelatihan Vocational Bagi Usaha Mikro Di Sektor Pertanian/Perkebunan di Gedung Pertemuan Sekretariat DPW SPI Jambi, Jumat (5/8/2022).

Dalam pelatihan ini DPW SPI Jambi menggandeng Dinas Koperasi dan Pengembangan UMKM Provinsi Jambi serta Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Kemenkop RI).

Pelatihan ini diikuti 30 peserta dan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 5 Agustus sampai 7 Agustus 2022.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi yang diwakili Puti Orizawati selaku Kepala Bidang Koperasi dan UKM Provinsi Jambi.

Dalam laporan kegiatan yang dibacakan langsung oleh Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro Kemenkop RI, pelatihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas para petani di Provinsi Jambi dalam mengelola koperasi.

“Kegiatan pelatihan vocational bagi usaha mikro ini bertujuan memberikan pemahaman pengetahuan,serta wawasan bagi pelaku usaha mikro tentang manajemen keuangan.  Peningkatan pengetahuan usaha mikro tentang potensi pasar dan potensi pasar serta mempercepat upaya digitalisasi usaha mikro dalam perluasan jejaring pasar berbasis digital,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, Puti Orizawati.

Pelatihan ini perlu dilakukan untuk mengembangkan kapasitas para petani dalam mengelola usahanya dalam rangka meningkatkan perekonomian lokal dan Nasional.

“Kiranya kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang dengan materi yang sama untuk UMKM yang lainnya maupun yang berkaitan dengan peningkatan UMKM yang SDM nya di sektor pertanian dan berkebunan,” tutup Puti.

Sementara itu Ketua DPW SPI Jambi, Sarwadi mengatakan kegiatan ini adalah agenda kerja sama pertama DPW SPI Jambi dalam hal pelatihan untuk pengembangan koperasi.

Sarwadi juga menjelaskan, anggota yang tergabung di SPI Jambi sudah memiliki koperasi, pra koperasi yang sebagian berbadan hukum dan non badan hukum. Bahkan, anggota SPI Jambi sudah memiliki produk dari kerja - kerja koperasi.

“Saya contohkan di Kabupatan Merangin anggota kita memiliki kebun kopi robusta kurang lebih 11.000 hektar yang koperasinya sudah memiliki produk Kopi Robusta Gunung Masurai,” jelas Sarwadi.

“Harapannya pihak kementerian koperasi bisa membantu kami dalam melatih, mengorganisasikan, dan mengkooperasikan petani untuk membangun koperasi terlebih membantu koperasi kami supaya bisa berbasis digital,” timpal Sarwadi.(*/ados)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Aksi Serentak Nasional, Buruh di Jambi Akan Sampaikan Tuntutan Ini ke Gubernur

JAMBI|HALOSUMATERA – Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Provinsi Jambi akan melaksanakan aksi serentak secara Nasional di Jambi pada 10 A

Berita Daerah

DPW SPI Jambi Gelar Pelatihan Vocational Bagi Usaha Mikro Sektor Pertanian dan Perkebunan

MUAROJAMBI|HALOSUMATERA - Dewan Pengurus Wilayah Serikat Petani Indonesia (DPW SPI) Provinsi Jambi menggelar pelatihan Vocational Bagi Usaha Mikro Di Sektor Per

Berita Daerah

Aksi di BPN Muarojambi hingga Pantau Persidangan di PN Sengeti

MUAROJAMBI|HALOSUMATERA – Ratusan petani dari Serikat Tani Kumpeh (STK) mendatangi Kantor BPN Muarojambi, Kamis siang (4/8/22). Mereka menyuarakan hak mer

Berita Daerah

Dosen Fakultas Pertanian Unja Perkenalkan Cara Pembuatan Biochar

MUAROJAMBI|HALOSUMATERA – Biochar atau arang hayati belum begitu familiar di kalangan masyarakat, khususnya petani. Hal ini menjadi kewajiban Universitas Jamb

Berita Daerah

Jahfar: Pokir Itu Bukti Dewan Bekerja Memperjuangkan Aspirasi

TANJABBAR|HALOSUMATERA – Setidaknya lebih seribu usulan aspirasi masyarakat yang tertuang dalam Pokok-pokok pikiran anggota DPRD Tanjabbar pada tahun 2022

Berita Daerah


Advertisement