Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjutan (KML) Digelar di Balai Adat Tanjabbar


Senin, 27 Desember 2021 - 17:12:07 WIB - Dibaca: 222 kali

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjutan (KML) di Gedung Balai Adat Tanjabbar, Senin pagi (27/12/2021). / HALOSUMATERA.COM

TANJAB BARAT (HS) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjutan (KML) di Gedung Balai Adat Tanjabbar, Senin pagi (27/12/2021).

Dalam pembukaan kegiatan KML, Bupati Tanjabbar Drs H Anwar Sadat M Ag selaku Ketua Majelis Pebimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Tanjabbar menyempatkan hadir untuk membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Ketua panitia Pelaksana KML, M Zainuddin SH MH dalam sambutan mengatakan, bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama 7 hari dari tanggal 25 Desember hingga 31 Desember 2021.

“Peserta kursus Pembina Mahir tingkat lanjutan golongan penggalang berjumlah 40 orang yang berasal dari kwartir ranting dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat, putra 26 orang sedangkan putri 14 orang", kata kak Zainuddin.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kemampuan pembina Pramuka dalam mengasuh peserta didik pada gugus depannya masing-masing serta untuk memperbanyak jumlah pembina pramuka mahir lanjutan golongan penggalang yang bermutu sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanjabbar H Agus Sanusi dalam sambutannya mengatakan, kursus kali ini materinya banyak dilaksanakan di alam terbuka. Hal ini dilaksanakan dalam rangka pembekalan para Pembina Pramuka Penggalang untuk mempersiapkan jambore ranting, jambore cabang, Jambore Daerah Jambi dan jambore Nasional tahun 2022.

“Kepada para pemangku kepentingan, para pembina agar kiranya dapat memfasilitasi terselenggaranya kegiatan dan latihan pramuka yang aman, nyaman dan sehat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ungkap Ka Kwarcab Tanjabbar ini.

Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat M Ag selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Tanjabbar dalam sambutannya mengatakan, aspek yang hendak ditumbuhkan dalam pendampingan gerakan pramuka tak lain adalah semangat pengabdian dan pelayanan. Untuk itu gerakan Pramuka yang semula bersifat ekstrakurikuler kini berubah menjadi kegiatan kokurikuler dan wajib setiap jenjang pendidikan dasar maupun menengah.

“Melalui intensitas pendampingan ini generasi milenial akan dibantu menemukan jati diri keutamaan hidup demi masa depan bangsa yang dalam dekade berikutnya akan menjadi tanggung jawabnya," ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati, kepada para pembina Pramuka untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam pendidikan kepramukaan agar para pelajar semakin tertarik pada gerakan Pramuka, ungkap Bupati.

Para pembina harus mampu memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dan Komunikasi (TIK) dalam metode pendidikan kepramukaan agar selalu up to date mengikuti perkembangan zaman.

“Nilai – nilai kemanusian terus ditanamkan pada setiap anggota gerakan pramuka melalui berbagai kegiatan, tanamkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air melalui pemanfaatan internet, dengan iptek yang diimbangi imtaq," harap Bupati.

Turut hadir acara tersebut  Konsultan Pusdiklat Kwarda Jambi, Kepala Pusdiklatcab, Forkopimda Pengurus Kwarcab, Team Pelatih dan Korsp Pelatih Kwartir cabang, Kamabiran Tungkal Ilir, Kamabiran Bram Itam dan Peserta Kursus Mahir Tingkat Lanjutan. (*/Put).




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Bupati Pimpin Rakor dengan Perusahaan di Tanjabbar

TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat M  Ag menghadiri sekaligus memimpin Rapat Koordinasi bersama perusahaan- perusahaan yang beroperasi

Ekonomi

Rakorda Nasdem Tanjabbar, Fasha Berikan Motivasi dan Bantuan Ambulans

TANJABBAR - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar pelantikan sekaligus pembukaan Rapat Koordinasi Daera

Politik

Luhut Minta PT PLN Batubara Dibubarkan

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta anak usaha PT PLN (Persero), yaitu PT PLN Batubara dibubarkan. L

Berita Daerah

2.087 IUP Mulai Dicabut, Diantaranya Pertambangan di Jambi

JAKARTA - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mulai mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP), Senin 10 Januari 2022. IUP yang dicabut me

Ekonomi

Ini Nama Pejabat Eselon II Tanjabbar yang Dilantik Bupati

TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Drs H Anwar Sadat M Ag melantik tiga pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabbar

Berita Daerah


Advertisement