Mengenal Lebih Dekat Sosok Guru Pai, Cakades Teluk Sialang


Jumat, 26 Agustus 2022 - 11:02:54 WIB - Dibaca: 682 kali

Ahmad Rifai dan keluarga, Cakades Teluk Sialang, Nomor Urut 5.(*/red) / HALOSUMATERA.COM

TANJABBAR - Sejumlah desa akan menggelar pemilihan kepala desa, 29 Agustus 2022 mendatang. Program-program unggulan pro rakyat pun disosialisasikan demi meyakinkan masyarakat.

Seperti di Desa Teluk Sialang, Caln Kades nomor urut 5, Ahmad Rifai menyampaikan sejumlah visi misinya, jika terpilih nanti.

Ahmad Rifai mendeklarasikan visi dan misinya di kediaman Hj. Raudah, Pasar Teluk Sialang, Kamis (25/8/2022) Siang.

Salah satu motivasi dalam mengikuti Pilkades tahun 2022, adalah untuk membenah Desa Teluk Sialang. Menurut dia,  kondisi Desa Teluk Sialang semakin lama semakin merosot.

"Jika dilihat dari pandangan kita, semakin lama desa kita ini, nampaknya semakin lama semakin merosot dalam tatanan pemerintahan dan lain-lain. Saya juga diberikan amanah oleh bapak bupati Tanjabbar, Anwar Sadat, untuk maju di Pilkades tahun ini," tambahnya.

Ahmad Rifai dalam sosialisasinya mengharapkan dukungan masyarakat, jika terpilih kelak mampu mengemban amanah dan membenahi Desa Teluk Sialang.

"Jangan lupa pada hari Senin, Tanggal 29 Agustus nanti, coblos nomor 5, Insya Allah, jika saya nantinya dipercaya menjadi Kades, saya akan jalankan visi dan misi yang saya janjikan," ungkapnya dihadapan warga.

Visi dan Misi

Ahmad Rifai menyiapkan visi yang dia emban sebagai Cakades Teluk Sialang. Visinya adalah bersama membangun desa melalui tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel, dan partisipatif menuju desa yang MAJU (Mantap, Agamis, Jujur, dan Unggul).

Kemudian misinya adalah, Menuju Desa Teluk Sialang yang MAJU (Mantap, Agamis, Jujur dan Unggul).

1. Mantap, mewujudkan dan meningkatkan serta meneruskan tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik, meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat desa dan daya saing desa, mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan desa teluk sialang, dan memelihara keseimbangan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan SDA untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

2. Agamis, menjalin kerukunan umat beragama yang berBhineka Tunggal Ika, memajukan dan meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti BKMT, majelis taklim serta wirid muslimin dan muslimat, memberdayakan pendidikan keagamaan seperti TPQ, PAUD, RA dan LPTQ, serta meningkatkan kehidupan sosial berlandaskan keimanan dan ketakwaan di desa teluk sialang.

3. Jujur, mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam kehidupan sehari-hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat desa, mewujudkan kepemimpinan yang baik, bijaksana, tegas dan berwibawa, serta mengedepankan kejujuran dan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari baik dengan pemerintahan maupun dengan masyarakat.

4. Unggul, meningkatkan kesehatan, kebersihan desa serta mengusahakan jaminan kesehatan masyarakat melalui program Pemerintahan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan mewujudkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan program lain untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa, meningkatkan sarana dan prasarana dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga, dan kebudayaan di desa, serta mengoptimalkan hasil produksi pertanian masyarakat melalui program gerakan kesejahteraan petani.

Profil Lengkap

Ahmad Rifai salah satu calon Kades Teluk Sialang, Kabupaten Tanjungjabung Barat. Guru Pai, saaaj akrabnya, lahir di Desa Teluk sialang, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), 20 April 1980.

Ustad Pai adalah anak dari pasangan  Alm. H. Asnawi (Ayah) dan Almh. Lamsinah (Ibu), yang juga dikenal sebagai Guru Pengajian di Majelis Taklim baik itu di Desa Teluk Sialang maupaun Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjabbar.

Ahmad Rifai memiliki istri yang bernama Fitriani, yang juga Putri kelahiran Desa Teluk Sialang, 23 Maret 1992. Keduanya dianugerahi empat orang putra.

Sejak usia dini hingga dewasa, Ahmad Rifai dididik oleh orang tuanya untuk belajar agama, mulai dari pendidikan Formal maupun non formal. Dia memukai pendidikan formalnya di Madrasah Ibtidaiyah (Mis) Saadatuddaraini Tahun 1994, kemudian melanjutkan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Saadatuddaraini pada Tahun 1997, dan  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuala Tungkal tahun 2000.

Merasa tidak puas dengan pendidikan formal, Ahmad Rifai, juga belajar pendidikan non formal, di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Baqiyatus Shalihat Kualatungkal, sejak tahun 1997 - 2004, kemudian kembali melanjutkan ke Ponpes At Taufiqy di Wonopringgo, Kabupaten pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, sejak tahun 2004 - 2007.

Tidak hanya itu, Ahmad Rifai, kembali melanjutkan pendidikannya kejenjang Perguruan Tinggi, Fakultas UNJA FKIP PGSD tahun 2010 - 2014.

Ahmad Rifai juga aktif dalam berorganisasi, baik organisasi pemerintahan maupun organisasi masyarakat.

Adapun organisasi yang diikutinya adalah pernah menjadi anggota BKPRMI Kuala Tungkal, Ketua BKPRMI Masjid Akbar Teluk Sialang, Anggota Maulid Habsyi Induk Kuala Tungkal, Anggota PKK Tanjabbar, Anggota LBDH Tanjabbar, dan Anggota Karang Taruna Tanjabbar.(*/red)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Meski Punya Modal Besar, Pasangan Ahmadi - Ferry Diklaim Sulit Menang

KOTA JAMBI – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi melabuhkan dukungan pada petahana Ahmadi Zubir sebagai Calon Wali Kota Sungai Penuh periode 2024 - 2029, 

Pilkada 2024

Dukung Ahmadi Zubir di Pilwakot Sungai Penuh, PKS Diterpa Isu Pragmatis

SUNGAI PENUH – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diterpa isu pragmatis usai menyatakan dukungan pada petahana Ahmadi Zubir sebagai Calon Wali Kota Sungai Penuh,

Pilkada 2024

Ada Pemeliharaan Jaringan Senin 15 Juli 2024, Ini Lokasi Padam di Kota Tungkal

KUALATUNGKAL - PLN UP3 Jambi melalui PLN ULP Kualatungkal mengumumkan info sistem kelistrikan di wilayah Kabupaten Tanjab Barat, Jumat 12 Juli 2024. Dalam peng

Berita Daerah

Duet Maulana dan Diza Hazrin, Pengamat Komunikasi Politik: Pasangan yang Sulit Dikalahkan

JAMBI - Ditengah dinamika Politik di Pemilihan Wali Kota Jambi kian hangat, baru satu pasangan secara resmi menyatakan siap maju. Mereka adalah Maulana dan Diza

Pilkada 2024

Buah Transformasi, PLN Raih Kinerja Terbaik pada Tahun 2023

TANJABBAR - PT PLN (Persero) sukses meraih kinerja terbaik di tahun 2023. Prestasi ini diraih berkat transformasi menyeluruh yang terus dilakukan PLN sejak 3 ta

Advertorial


Advertisement