Aksi Solidaritas Serikat Petani Indonesia di Mapolda Jambi


Senin, 12 Desember 2022 - 09:30:00 WIB - Dibaca: 366 kali

Konsolidasi Petani yang tergabung dalam SPI Jambi, Minggu malam (11/12/22).(*/red) / HALOSUMATERA.COM

JAMBI | HALOSUMATERA - Petani sebagai salah satu tulang punggung ekonomi negara saat ini sedang tidak memiliki nasib yang baik. Lagi-lagi petani mendapatkan tindakan kriminalisasi oleh banyak pihak. Hal ini dapat dilihat dari didapatkannya status tersangka oleh lima orang petani anggota SPI Desa Sekumbung, Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Beberapa petani yang dikriminalisasi tersebut adalah Istazi (Koordinator Bantuan Hukum SPI JAMBI), Amsir (Anggota SPI Muaro Jambi), Ghofur (Anggota SPI Muaro Jambi), Habibullah (Anggota SPI Muaro Jambi) dan Husen (Anggota SPI Muaro Jambi). Kriminalisasi ini terjadi dikarenakan Petani tersebut disangkakan melanggar pasal 363 ayat 1 angka 4 dan pasal 55 ayat 1 angka 1 KUHP.

Ketua SPI Jambi, Sarwadi dalam pers reliesenya mengatakan, atas dasar tersebut anggota SPI Jambi melakukan aksi solidaritas damai menuntut pihak terkait untuk menghentikan pengusutan kasus yang menjadikan petani terkriminalisasi.

“Ini tentunya menciderai nilai-nilai perjuangan yang sudah disepakati bersama baik oleh petani maupun instansi terkait. Pasalnya perjuangan lahan(tanah) yang dilakukan oleh petani tidak serta merta tanpa memilki alasan dan landasan yang jelas,” katanya.

Dituturkan Sarwadi, petani SPI Muaro Jambi yang berkonflik dengan PT. Erasakti Wira Forestama(PT.EWF) telah memiliki dokumen resmi terkait asal-usul dan kepemilikan lahan yang saat ini dikuasai oleh PT.EWF. Namun atas lambannya proses untuk menyelesaikan kasus ini maka timbulah banyak masalah baru yang merugikan petani.

“Ini merupakan bentuk pelemahkan perjuangan petani atas kedaulatan lahan. Tanah yang seharusnya dapat diakses oleh petani untuk kehidupan mereka saat ini terhalang oleh banyaknya konflik yang tak kunjung selesai,” ungkapnya.

Diperparah lagi dengan adanya solusi penyelesaian yang terkesan palsu bagi kedaulatan petani. “ Bukankah seharusnya para pemangku kebijakan mengerti bahwa hak petani adalah berdaulat atas lahan pertaniannya. Atas dasar legalitas administrasi pihak terkait menghilangkan nilai penting untuk bagaimana petani dapat sejahtera. Pelemahan dan kriminalisasi petani akan memperpanjang catatan buruk pemerintah dalam mengakomodir kekayaan agrarian secara adil seperti yang diamantkan oleh Undang-Undang,” ungkapnya.

Kaum tani yang saat ini telah sadar akan hak mereka meleburkan diri dalam organisasi sebagai bentuk strategi menuju kesejahteraan bersama. Ketika salah satu unsur yang ada dalam organisasi mendapatkan ketidakadilan maka unsur yang lainnya akan merasakan hal yang sama.

“Rasa kekeluargaan yang dituangkan kedalam Solidaritas antar anggota menjadi alasan mengapa aksi ini dilakukan. Ketika salah seorang kaum tani dan pejuang petani dikriminalisasi tak ada alasan untuk yang lain diam. Karena bukan tidak mungkin diamnya kaum tani terhadap kriminalisasi membuka potensi bagi yang lainnya untuk mendapatkan perlakuan serupa dan berakibat fatal bagi perjuangan kaum tani kedepannya,” ujarnya.

Informasi yang dirangkum halosumatera.com, petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) Jambi akan melakukan aksi di Mapolda Jambi pagi ini.(*/red)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Pengakuan Warga Kuala Tungkal, Pakai Motor Listrik Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

KUALATUNGKAL - Dalam mendukung Electric Vehicle (EV) yang sedang berkembang pesat di Indonesia, PLN mempromosikan kendaraan listrik berupa mobil listrik, motor

Advertorial

Listrik dan Pipa Bocor Jadi Kendala Perumda Air Minum Tirta Pengabuan

TANJABBAR - Distribusi air ledeng dari Perumda Air Minum Tirta Pengabuan masih belum terealisasi sepenuhnya. Disamping terkendala tegangan listrik, masih banyak

Berita Daerah

Tongkang Batubara Tabrak Fender Tiang Jembatan, Gubernur Al Haris Minta Pengusaha Ganti Rugi

JAMBI  - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH meminta kepada pengusaha untuk bertanggung jawab atas insiden tongkang angkutan batubara yang menabrak

Advertorial

Gubernur Al Haris Terima Penghargaan dari Densus 88 Anti Teror Polri

JAMBI - Gubernur Jambi DR. H. Al Haris, S.Sos, MH mendapat penghargaan dari Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 Anti Teror Polri. Penghargaan dari satuan khusus

Advertorial

Wagub Sani : Turnamen Ekshibisi Dies Natalis Unja Jalin Kebersamaan

JAMBI - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengemukakan, Turnamen dan Ekshibisi Domino untuk memeriahkan Dies Natalis ke-61 Universitas

Advertorial


Advertisement