ARUS MUDIK 2015

Pengelola Angkutan Sungai Harus Memikirkan Keselamatan Penumpang


Rabu, 15 Juli 2015 - 20:21:35 WIB - Dibaca: 3121 kali

Fenomena Arus Mudik Angkutan Sungai Jelang Lebaran Idul Fitri, Rabu (15/7). (IT) / HALOSUMATERA.COM

KUALATUNGKAL – Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjab Barat menghimbau kepada penumpang angkutan sungai untuk tidak duduk di atas speed. Pengelola angkutan juga harus memikirkan keselamatan penumpang.

Hal ini dikatakan Kepala UPTD Angkutan Sungai, N Manalu dikonfirmasi infotanjab.com, Rabu siang di Pelabuhan LLSDP.

Menurut Manalu, pihaknya sudah berulang kali menghimbau, agar penumpang tidak duduk di atas speed. Sayangnya, untuk penindakan langsung, pihaknya tidak ada wewenang.

“Kewenangan untuk penindakan itu ada di Syahbandar dan KP3,” ujar Manalu.

Jauh-jauh hari, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi terhadap para pengelola angkutan sungai, baik itu antar kecamatan, antar kabupaten dan antar provinsi.

Rahma, perwakilan PT Karya Budi, mengatakan, penumpang yang duduk di atas speed sudah menjadi tradisi. Hal itu tidak hanya terjadi pada saat ini, menjelang lebaran.

“Itu tidak ada masalah, tapi kita juga sudah mengingatkan kepada penumpang. Kapasitas penumpang juga kita sesuaikan, karena ini menyangkut keselamatan orang banyak,” ujar Rahma.

Sementara itu, Bupati Tanjabbar, Usman Ermulan, menegaskan, Dishub Tanjabbar hanya mengawasi angkutan sungai serta memberikan fasilitas pelabuhan. Seharusnya, Administrasi Pelabuhan dan KP3 segera melakukan penindakan.

“Syahbandar dan KP3 harus bertindak dan standbye,” kata Bupati. (*)

Editor : Andri Damanik

 




Komentar Anda



Terkini Lainnya

BADKO HMI Jambi Malah Aksi di Polda Jambi, Ini Dipicu Bentrok dengan Aparat di Gedung Dewan

JAMBI - Aksi Badan Koordinasi HMI Jambi malah berbuntut panjang. Aksi yang telah dilakukan di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi dua kali berujung bentrok denga

Berita Daerah

Kerakusan Pengusaha Ilegal memberikan Luka Menganga di Tubuh Bangsa

Ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor usaha, baik formal maupun informal. Namun, di balik geliat ekonomi, terdapat oknum yang menjalankan usaha secara ilegal.

Opini

Rio Dezaneru Targetkan 500 Juta Pembiayaan Non Bank untuk Anggota

MUARO JAMBI – Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi, Rio Dezaneru menargetkan lima ratus juta rupiah pemb

Berita Daerah

Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Muaro Jambi, Ini Visi dan Misi Rio Dezaneru

MUARO JAMBI – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi menggelar pelantikan pengurus baru periode 2024-2027, di Aula Ru

Berita Daerah

Gedung Megah Senilai Rp 25 Miliar di Tanjabbar Disorot

TANJABBAR – Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar dalam dua tahun terakhir menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Gedung Pemda senilai Rp 25 miliar. Dengan r

Berita Daerah


Advertisement