Insiden Lagi di Wilayah Kerja PetroChina, Dua Pekerja Alami Luka Bakar dan Patah Tulang


Selasa, 10 Januari 2023 - 18:24:48 WIB - Dibaca: 127 kali

ilustrasi/net / HALOSUMATERA.COM

TANJABBAR – Lagi, dua korban akibat ledakan di kawasan RIG 85 PetroChina Jabung International Jabung Ltd, Senin malam (9/1/23). Setidaknya dua pekerja subkontraktor perusahaan migas ini mengalami luka bakar dan patah tulang.

Dilansir dari media lokal Provinsi Jambi, Kabid Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Disnaker Provinsi Jambi, Dedy Ardiansyah membenarkan insiden tersebut. Katanya, ada 2 orang korban dalam kejadian ini.

"Benar, Tim dari Disnakertrans sudah menjenguk korban yang sudah dirawat di Rumah Sakit," katanya pada Selasa, 10 Januari 2023.

Dedy menambahkan, ledakan itu bukanlah berasal dari pipa, namun akibat konsleting listrik yang menyambar tangki minyak, sehingga terjadi ledakan.

"Itu informasi sementara dari pihak Subkontraktor, besok Tim akan turun ke TKP untuk melakukan penyelidikan lanjutan dan melakukan BAP," tambahnya.

Korban sendiri masing-masing mengalami luka bakar dan patah tulang karena melompat dari tangki saat kejadian.

Kapolsek Betara, Iptu Dasep Nurdin Anshori, S.H.,M.H mengatakan, bahwa insiden tersebut bukan berada di wilayah hukum Polsek Betara. “Kejadian itu di wilayah Tebing Tinggi,” kata Dasep menerangkan via pesan WhatsApp kepada halosumatera.com, Selasa siang.

Begitu halnya disampaikan Sekretaris Camat Betara, Nasrun, bahwa kejadian tersebut bukan berada di righ yang ada di Kecamatan Betara. “Informasinya di sekitar Desa Delima,” tutur Nasrun dihubungi halosumatera.com Selasa siang (10/1/23).

Penelusuran halosumatera.com, Selasa 10 Januari 2023, ledakan yang terjadi diduga berasal Tangki lumpur RIG Bohai #85 WB#1 PT. Petrochina Internasional Ltd yang berada di Desa Delima Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjabbar.

Sebelum terjadinya insiden, karyawan sedang melakukan pembersihan sumur dari lumpur. Diketahui, endapan lumpur tersebut mengandung air dan minyak serta material padat lainnya.

Terjadinya kebakaran diduga percikan api dari arus listrik By Pass karena masih terhubung saat akan menggunakan  Plug In Soket alat Shale Shaker.

Api berhasil dipadamkan pada Selasa dini hari sekitar pukul 00.15 WIB dari Tangki lumpur, dilakukan Kru Fire and Safety PT. Petrochina Internasional Ltd.

Akibat dari kejadian tersebut, 4 orang karyawan RIG Bohai #85 Bohai Subkontraktor Petrochina Internasional Jabung Ltd mengalami luka-luka. Dua orang mengalami luka bakar (BD) dan patah bagian kaki (IS). Sedangkan dua karyawan lainnya DS mengalami keseleo pada bagian kaki, SP mengalami trauma.

Belum lama ini, dua karyawan Subkontraktor PetroChina International Jabung Ltd meninggal dunia akibat luka bakar dalam insiden ledakan di jalur NEB#9, Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Minggu 18 Desember 2022. Kedua korban adalah Randi Afrianto (25) dan Kastalani. Keduanya meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina Jakarta. Sedangkan enam pekerja lainnya masih dalam perawatan untuk kesembuhan luka yang diderita

Sementara itu, hingga berita ini dipublish belum ada keterangan resmi dari managemen PT PetroChina International Jabung Ltd.(*/nik)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

The Ultimate Excellence, New Honda PCX160 Warna Baru Hadir di Jambi

JAMBI – Varian warna baru pada skutik premium New Honda PCX160 telah hadir di seluruh Dealer resmi sepeda motor Honda yang tersebar di Provinsi Jambi. Piliha

Mitra Bisnis

Bupati Tanjabbar Resmikan Masjid As Syarif Kodim 0419/Tanjab

TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat M Ag hadir dan turut meresmikan Masjid As Syarif di Jalan KH Dewantara, Kecamatan Tungkal Ilir, tepatn

Advertorial

Dugaan Praktek Aborsi di Salah Satu Hotel, Kapolres Tanjabbar: Bayi Ditemukan Dalam Plastik

KUALATUNGKAL – Seorang perempuan, DM (22) meninggal dunia dan sempat pendarahan di salah satu kamar hotel di Kualatungkal, Kabupaten Tanjabbar, Jambi, Min

Hukum & Kriminal

Begini Kondisi Jalan di RT 10, Lorong Semangat

TANJABBAR - Jalan setapak di RT.10, Lorong Semangat, Jalan Manunggal II, Kelurahan Tungkal II Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi, mempe

Berita Daerah

Truk Batubara Masuk Kota Jambi Didenda Rp 50 Juta

JAMBI – Ketua RT di Kota Jambi diminta untuk mengikuti dan melaksanakan peraturan Walikota Jambi, terkait penertiban truk batubara dari Kota Jambi. Intruksi i

Berita Nasional


Advertisement