Puting Beliung di Sungai Bahar, Empat Rumah Roboh, Dua Warga Tertimpa Material


Kamis, 06 April 2023 - 15:42:57 WIB - Dibaca: 433 kali

Angin puting beliung menghantam ratusan rumah warga di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Selasa (4/4/23) malam. / HALOSUMATERA.COM

MUAROJAMBI – Angin puting beliung menghantam 239 rumah warga di Desa Mekar Sari Makmur dan Desa Marga Mulya, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa malam (4/4/23). Dari ratusan rumah itu, empat rumah warga roboh dan rusak berat.

Informasi ini pun dibenarkan Camat Sungai Bahar, Agus Riyadi saat dikonfirmasi awak media di lapangan. Menurut Camat, musibah angin puting beliung juga membuat dua orang warga Desa Mekar Sari Makmur mengalami luka-luka akibat tertimpa material bangunan rumah.

Agus menjelaskan, data terdampak bencana puting beliung untuk Desa Mekar Sari Makmur berjumlah 139 rumah. Empat rumah diantaranya rusak sangat berat, 9 rumah rusak berat, 66 rumah rusak sedang dan 60 rumah rusak ringan.

Sementara data terdampak bencana puting beliung untuk Desa Marga Mulya berjumlah 100 rumah. 10 rumah diantaranya rusak berat, 50 rumah rusak sedang dan 40 rumah rusak ringan.

"Kejadian ini terjadi di dua Desa, yakni Desa Marga Mulya unit dua dan Desa Mekar Sari Makmur unit satu. Alhamdulillah korban jiwa tidak ada,"ujar Camat Sungai Bahar, Agus Riyadi kepada wartawan, Rabu (05/04/2023).

Rumah-rumah warga yang rusak ringan tengah dilakukan perbaikan oleh masyarakat secara bergotong royong.

Masyarakat juga secara bersama-sama melakukan pemotongan dahan dan pohon yang tumbang akibat angin puting beliung. Diketahui selain merusak rumah, angin kencang dibarengi dengan hujan deras ini juga membuat pepohonan besar bertumbangan.

"Untuk penanganannya nanti (bantuan terhadap korban musibah puting beliung,red), kita berkordinasi dengan Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Muaro Jambi. Sementara di Desa ada anggaran tanggap darurat, nanti kita manfaatkan,"ungkap Camat yang dikenal hangat dan bersahaja itu.

Bagaimana dengan warga korban puting beliung? Kata Camat, warga yang rumahnya rusak berat sebagian mengungsi ke rumah tatangga dan keluarga terdekat. 

"Banyak warga yang sangat menderita karena  sedang dalam puasa (bulan suci Ramadan). Mereka mendapatkan bencana yang tidak terduga," ungkap Camat.

Camat Sungai Bahar, Agus Riyadi mendoakan seluruh warganya yang menjadi korban angin puting beliung agar dapat tabah dan ikhlas menghadapi cobaan yang terjadi di bulan suci Ramadan 1444 Hijriah ini.

"Insya Allah kita Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Desa tidak tutup mata. Dan kita semaksimal mungkin akan membantu dengan kekuatan yang ada,"tandasnya.

Sementara, untuk kerugian material akibat musibah angin puting beliung ini masih dalam proses penghitungan pemerintah. Namun dugaan awal kerugian material mencapai angka ratusan juta rupiah. (*/eko/nik)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

Bupati Tanjabbar Dampingi Menparekraf RI Tinjau Wisata Mangrove Pangkal Babu

TANJABBAR - Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag, mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, saat m

Advertorial

Sandiaga Uno Apresiasi Bupati Tanjab Barat Atas Suksesnya Festival Arakan Sahur

TANJABBAR - Keberhasilan Festival Arakan Sahur di Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendapat pengakuan yang luar biasa dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Advertorial

Safari Ramadhan ke Batang Asam, Ini Kata Bupati Anwar Sadat

TANJAB BARAT - Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Huda Desa Kampung Baru, Kecamatan Batang As

Advertorial

Bupati Anwar Sadat Sambut Safari Ramadhan Tim SKK Migas Sumbagsel

TANJABBAR - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyambut baik kunjungan Tim Safari Ramadhan SKK Migas Sumbagsel - Petrochina International Jabung Ltd di

Advertorial

Pemkab Tanjab Barat Gelar Safari Ramadhan di Desa Sungai Dualap

TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag., melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H/2024 M di Masjid Riyadul Jannah, Desa Sungai Dualap,

Advertorial


Advertisement