Pasien Suspek Meninggal

Pihak Keluarga Bongkar Makam setelah Hasil Swab Negatif


Rabu, 30 September 2020 - WIB - Dibaca: 1653 kali

Ilustrasi/detikfoto / HALOSUMATERA.COM

PARIAMAN - Pihak keluarga membongkar makam setelah menerima hasil swab pasien Corona (COVID-19) berinisial BH (60) dinyatakan negatif COVID-19. Polisi menyatakan pihak keluarga sudah izin sebelum membongkar makam.

"Dari pihak keluarga sudah konfirmasi dahulu ke wali nagari dan polsek. Dengan tujuan untuk mengecek jenazah di dalam kubur karena posisinya sudah negatif Corona juga kan," kata Kasat Reskrim Polres Pariaman Kota AKP Ardiansyah Rolindo kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Makam yang dibongkar berlokasi di Nagari Campago Selatan, Kecamatan V Koto, Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Pihak keluarga datang dan membongkar makam pada Senin (28/9) sore.

Rolindo mengatakan pihak keluarga sengaja membongkar makam untuk memastikan kondisi jenazah. Mereka ingin memastikan jenazah ditangani sesuai dengan syariat agama.

Namun keluarga mendapati jenazah BH dalam kondisi telungkup, yang artinya tidak mengarah ke kiblat.

"Ternyata setelah dicek, posisinya telungkup. Tidak sesuai dengan ketentuan agama Islam. Jadi mungkin karena terburu-buru, jadi posisi jenazah yang semestinya menghadap kiblat tapi terbalik. Pada saat dicek, posisi jenazah telungkup jadi kan tidak sesuai dengan posisi semestinya. Jadi sekalian dibenarkan," ujar dia.

Setelah posisi jenazah dibenarkan, pihak keluarga lalu menutup kembali makam tersebut.

"Setelah hasil swab negatif, pihak keluarga memberanikan untuk membongkar makam. Setelah itu dikebumikan lagi. Jadi mereka berani melakukan juga karena hasil swab sudah keluar. Tidak sampai memindahkan jenazah, hanya membenarkan posisi jenazah lalu dikebumikan kembali," ungkapnya(*/HS)

Editor: Andri Damanik

Sumber: Detik.com




Komentar Anda



Terkini Lainnya

BADKO HMI Jambi Malah Aksi di Polda Jambi, Ini Dipicu Bentrok dengan Aparat di Gedung Dewan

JAMBI - Aksi Badan Koordinasi HMI Jambi malah berbuntut panjang. Aksi yang telah dilakukan di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi dua kali berujung bentrok denga

Berita Daerah

Kerakusan Pengusaha Ilegal memberikan Luka Menganga di Tubuh Bangsa

Ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor usaha, baik formal maupun informal. Namun, di balik geliat ekonomi, terdapat oknum yang menjalankan usaha secara ilegal.

Opini

Rio Dezaneru Targetkan 500 Juta Pembiayaan Non Bank untuk Anggota

MUARO JAMBI – Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi, Rio Dezaneru menargetkan lima ratus juta rupiah pemb

Berita Daerah

Terpilih Sebagai Ketua HIPMI Muaro Jambi, Ini Visi dan Misi Rio Dezaneru

MUARO JAMBI – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Muaro Jambi menggelar pelantikan pengurus baru periode 2024-2027, di Aula Ru

Berita Daerah

Gedung Megah Senilai Rp 25 Miliar di Tanjabbar Disorot

TANJABBAR – Dinas PUPR Kabupaten Tanjabbar dalam dua tahun terakhir menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Gedung Pemda senilai Rp 25 miliar. Dengan r

Berita Daerah


Advertisement