Jurnalis dan LSM Demo di Kantor Bupati Muaro Jambi, Ini Pemicunya


Kamis, 12 Januari 2023 - 19:44:33 WIB - Dibaca: 117 kali

Jurnalis dan LSM Demo di Kantor Bupati Muaro Jambi, Kamis 12 Januari 2023.(*/Eko) / HALOSUMATERA.COM

MUARO JAMBI - Sejumlah jurnalis dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi menggelar aksi solidaritas di kantor Bupati Muaro Jambi, Kamis, 12 Januari 2023.

Dalam aksi damai ini, jurnalis dan LSM mendesak Penjabat Bupati Muaro Jambi untuk segera mengevaluasi kinerja Kepala Inspektorat Muaro Jambi, Herlina.

Aksi solidaritas tersebut digelar buntut dari pernyataan Kepala Inspektorat Muaro Jambi, Herlina yang diduga merendahkan profesi wartawan dengan menyebut bahwa wartawan adalah penjual berita.

Pernyataan tersebut keluar disaat sejumlah jurnalis dan LSM melakukan konfirmasi soal adanya dugaan penyimpangan anggaran pembangunan sanggar olah raga di Desa Berkah, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi di kantor Inspektorat Muaro Jambi beberapa waktu lalu.

Salah seorang peserta aksi solidaritas, yang juga jurnalis televisi wilayah liputan Kabupaten Muaro Jambi, Heru mengatakan, sikap yang diperlihatkan oleh Kepala Inspektorat tersebut sebuah cerminan ketidakdewasaan sebagai seorang pejabat.

"Seharusnya para pimpinan OPD lebih dewasa dan mengerti akan status dan tupoksi kawan-kawan media. Jangan selalu mendiskreditkan para insan media,"ungkap Heru.

Heru menjelaskan, pernyataan yang menyebut wartawan adalah penjual berita merupakan ungkapan yang kurang pantas untuk diucapkan oleh seorang Kepala OPD.

"Kami meminta Kepala Inspektorat Muaro Jambi untuk segera mengklarifikasi pernyataannya, dan menyampaikan permintaan maaf secara terbuka. Dan jika Kepala Inspektorat tidak lekas mengklarifikasi pernyataannya tersebut, maka kami meminta Pj Bupati Muaro Jambi dan Sekda Muaro Jambi untuk segera mencopot Kepala Inspektorat, karna di Muaro Jambi masih banyak orang-orang baik dan layak menjadi pimpinan di Inspektorat Muaro Jambi,"tegas jurnalis senior tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rianto Siburian, Jurnalis dari media Berita Investigasi. Pernyataan kata-kata wartawan penjual berita itu muncul saat salah seorang jurnalis yang melakukan konfirmasi merekam pertemuan yang dilakukan oleh jurnalis dan LSM bersama Kepala Inspektorat Muaro Jambi, Herlina.

"Ini wartawan kenapa rekam-rekam. Wartawan penjual berita,"ungkap Rianto menirukan ucapan Kepala Inspektorat Muaro Jambi, Herlina.

"Kami pun mempertanyakan maksud tujuan Ibu Herlina menyebut wartawan penjual berita, tapi sampai hari ini tidak kami di dapatkan,"tambah Rianto.

Sementara itu, Ketua LSM Forum Masyarakat Pemantau Korupsi Jambi, Burnianto mengatakan, ia sangat menyayangkan pernyataan arogan Kepala Inspektorat Muaro Jambi yang menyebut wartawan adalah penjual berita.

"Saya selaku LSM yang berkolaborasi dengan wartawan sangat-sangat kecewa dengan pernyataan pejabat sekelas Kepala Inspektorat tersebut,"kata Burnianto.

"Ini bentuk dari pencemaran nama baik. Kami meminta agar Kepala Inspektorat Muaro Jambi segera dicopot,"tambah Burnianto.

Setelah berorasi, akhirnya para wartawan dan LSM yang melakukan aksi solidaritas diperkenankan masuk dan melakukan pertemuan di kantor Bupati Muaro Jambi oleh Sekda Muaro Jambi, Budhi Hartono.

Dalam audiensi di ruang kerja Sekda Muaro Jambi tersebut, jurnalis dan LSM menyampaikan aspirasi dan mengutarakan unek-unek mereka.

Menanggapi hal ini, Sekda Muaro Jambi, Budhi Hartono berjanji akan menyampaikan langsung aspirasi jurnalis dan LSM terkait persoalan kinerja Kepala Inspektorat tersebut ke Penjabat Bupati Muaro Jambi.

"Kami akan pelajari. Saya akan laporan ke pimpinan untuk perbaikan-perbaikan dikemudian hari,"jelas Budhi.

Hingga berita ini dirilis, Kepala Inspektorat Muaro Jambi, Herlina belum berhasil dikonfirmasi. (*/Eko/nik)




Komentar Anda



Terkini Lainnya

The Ultimate Excellence, New Honda PCX160 Warna Baru Hadir di Jambi

JAMBI – Varian warna baru pada skutik premium New Honda PCX160 telah hadir di seluruh Dealer resmi sepeda motor Honda yang tersebar di Provinsi Jambi. Piliha

Mitra Bisnis

Bupati Tanjabbar Resmikan Masjid As Syarif Kodim 0419/Tanjab

TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat M Ag hadir dan turut meresmikan Masjid As Syarif di Jalan KH Dewantara, Kecamatan Tungkal Ilir, tepatn

Advertorial

Dugaan Praktek Aborsi di Salah Satu Hotel, Kapolres Tanjabbar: Bayi Ditemukan Dalam Plastik

KUALATUNGKAL – Seorang perempuan, DM (22) meninggal dunia dan sempat pendarahan di salah satu kamar hotel di Kualatungkal, Kabupaten Tanjabbar, Jambi, Min

Hukum & Kriminal

Begini Kondisi Jalan di RT 10, Lorong Semangat

TANJABBAR - Jalan setapak di RT.10, Lorong Semangat, Jalan Manunggal II, Kelurahan Tungkal II Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi, mempe

Berita Daerah

Truk Batubara Masuk Kota Jambi Didenda Rp 50 Juta

JAMBI – Ketua RT di Kota Jambi diminta untuk mengikuti dan melaksanakan peraturan Walikota Jambi, terkait penertiban truk batubara dari Kota Jambi. Intruksi i

Berita Nasional


Advertisement